Awas, Langsung Tidur Setelah Makan Berdampak Buruk Bagi Tubuh Langsung Tidur Setelah Makan Berdampak Buruk Bagi Tubuh (Foto: pixabay/free-photos)

BANYAK orang yang memiliki kebiasaan langsung tidur setelah makan. Bila kamu termasuk salah satunya, sebaiknya segera hentikan. Karena, kebiasaan tidur setelah makan bisa meningkatkan risiko terjadinya sejumlah penyakit.

Usai makan, tubuh kamu akan mencerna makanan yang dikonsumsi agar nutrisinya bisa diserap. Ketika proses pencernaan berlangsung, tubuh akan melepaskan hormon-hormon tertentu, agar pencernaan berjalan lancar, hal itu normal terjadi.

Baca Juga:

Sulit Untuk Bangun Tidur di Pagi Hari? Ikuti Cara Ampuh Ini

Namun, pelepasan hormon itu terkadang bisa menimbulkan rasa kantuk, hingga muncul dorongan untuk tidur setelah kamu makan.

Bila hanya sesekali langsung tidur setelah makan, tak berdampak buruk bagi kesehatan. Tetapi jika menjadi kebiasaaan, dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan.

Rasa kantuk yang muncul usai makan disebabkan oleh banyak hal (Foto: pixabay/xiangying_xu)

Rasa kantuk yang muncul usai makan disebabkan oleh banyak hal. Salah satunya yakni makanan yang dikonsumsi, yaitu makanan yang mengandung banyak asam amino triptofan, seperti bayam, kedelai, keju, tahu dan ikan.

Selain triptofan, makanan yang tinggi gula, karbohidrat dan lemak pun bisa menyebabkan tubuh mudah mengantuk setelah makan.

Suatu riset menunjukan bahwa kandungan nutrisi tersebut dapat meningkatkan produksi hormon serotonin dan melatonin di dalam tubuh. Hormon-hormon itu bisa menimbulkan rasa kantuk, sehingga kamu akan terdorong untuk tidur setelah makan.

Faktor lainnya yang menyebakan rasa kantuk yakni berkurangnya aliran darah ke otak. Yakni saat lambung mencerna makanan, tubuh akan mengalirkan lebih banyak darah ke organ tersebut. Ketika hal itu terjadi, aliran darah ke otak mungkin jadi sedikit berkurang, hingga muncul rasa kantuk.

Baca Juga:

Jangan Abaikan Kesehatan Mental di Tempat Kerja

Munculnya rasa ingin tidur setelah makan, pun bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan. Beberarapa kondisi yang membuatmu mengantuk tiap kali merasa kenyang yakni diabetes, sleep apnea, Anemia, Hipotoroidisme, dan panyakit celiac.

Kebiasaan tidur setelah makan bisa menyebabkan obesitas (Foto: pixabay/jarmoluk)

Adapun beberapa risiko terjadinya gangguan kesehatan jika kamu terbiasa tidur setelah makan seperti yang dilansir dari laman alodokter, salah satunya yakni Obesitas. Di mana sebuah penelitian menyebutkan orang yang sering tidur setelah makan, akan mengalami peningkatan berat badan yang cukup signifikan.

Hal tersebut diduga lantaran lambatnya metabolisme tubuh dan kurangnya aktivitas untuk membakar kalori dari makanan yang kamu konsumsi. Lama kelamaan kebiasaan itu bisa menyebabkan obesitas.

Risiko penyakit kedua yang disebabkan kebiasaan tidur setelah makan, yaitu Asam lambung. Karena berbaring setelah makan tak baik untuk kesehatan lambung, terlebih lagi jika kamu makan dalam porsi besar sekaligus.

Langsung tidur setelah makan kenyang juga bisa menyebabkan tekanan dalam lambung meningkat, hingga makanan dan cairan lambung bisa naik kembali ke kerongkongan. Jika itu terjadi berulang kali, bisa menimbulkan penyakit asal lambung atau GERD.

Penyakit yang ketiga akibat kebiasaan tidur setelah makan yakni bisa meningkatkan risiko insomnia. Tidur setelah makan di siang atau sore hari, bisa membuatmu sulit tidur di malam hari. Apabila terus dibiasakan, lambat laun kamu bisa terkena gangguan tidur atau insomnia. (Ryn)

Baca Juga:

4 Langkah Mudah dan Praktis Untuk Tidur Cepat

Kredit : raden_yusuf


Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH