AS Ubah Satuan Ukuran Kaki dengan Versi Internasional Satuan ukuran di pakai di Amerika berbeda dengan ukuran yang dipakai internasional. (Foto: Unsplash/Markus Winkler)

AMERIKA Serikat memutuskan untuk tidak memakai lagi satuan ukuran foot (kaki) yang selama ini telah digunakan untuk mengukur benda-benda berskala besar. kabarnya mereka akan bergabung dengan negara-negara lain di dunia dengan menerapkan sistem pengukuran kaki internasional.

Melansir laman Interesting Engineering, terdapat dua sistem pengukuran yang berbeda di AS hingga sekarang. Keduanya menggambarkan ukuran 12 inci (30 cm) yang dikenal sebagai kaki.

Baca juga:

Cuaca Panas Ekstrem Masih Berlangsung di California Akibat Kebakaran Hutan

1
AS punya 2 sistem pengukuran berbeda sampai sekarang. (Foto: Unsplash/Annie Spratt)

Sebenarnya hal itu tidak menimbulkan masalah jika hanya digunakan sehari-hari di lingkungan rumah tangga dan domestik. Namun akan menyebabkan banyak masalah bila masuk dalam kegiatan bisnis sektor konstruksi, atau penggunaan survei jarak dan skala yang lebih jauh dan besar.

Satuan ukuran kaki internasional adalah yang lebih kecil, yang dipakai untuk mengukur satu mil dengan menambah kira-kira seperdelapan inci. Ini adalah perbedaan yang sangat signifikan ketika dipakai untuk mengukur pembangunan misalnya jembatan, terowongan, atau landasan pacu bandara.

Pada tahun 1959, pemerintah federal menyatakan bahwa setiap orang harus menggunakan sistem pengukuran satuan kaki internasional. Namun pemakaian tetap diizinkan untuk masa transisi bagi surveyor untuk ikut serta. Masa transisi itu telah berlangsung selama 60 tahun. Masa transisi itu akan berakhir pada tahun 2022, sesuai dengan pernyataan National Oceanic and Atmospheric Administration dan National Institute of Standards and Technology.

Baca juga:

Amerika Serikat Masih Tutup Perbatasan Hingga September

2
Negara-negara bagian AS memakai keduanya. (Foto: Unsplash/William Warby)

Bahkan di beberapa negara bagian di AS telah menggunakan dua sistem pengukuran kaki secara berbeda. Tercatat empat puluh negara bagian Amerika Serikat masih menggunakan satuan kaki versi AS. Sementara sisanya sudah menggunakan satuan kaki versi internasional.

Definisi satuan ukuran kaki di AS muncul pada tahun 1893 ketika pemerintah menyatakan bahwa satu kaki sama dengan 0,3048006 meter. Kemudian satuan ukuran kaki internasional mulai hadir pada tahun 1933, yang menetapkan satu kaki sama dengan 0,3048 meter. Ini berarti menghilangkan tiga digit terakhir satuan ukuran kaki versi AS.

Sejak saat itu, perbedaan tersebut menciptakan kekacauan dalam konstruksi dan proyek survei tertentu. Demikian keputusan pemerintah AS pada tahun 1959 untuk beralih ke kaki internasional. Pada tahun 2022, kebingungan itu diharapkan akan segera berakhir. (lgi)

Baca juga:

Angkatan Udara AS Rilis Gambar Prototipe Pesawat B-21 Stealth Bomber

Kredit : leonard

Tags Artikel Ini

Leonard

LAINNYA DARI MERAH PUTIH