Cuaca Panas Ekstrem Masih Berlangsung di California Akibat Kebakaran Hutan

Leonard Leonard - Kamis, 20 Agustus 2020
Cuaca Panas Ekstrem Masih Berlangsung di California Akibat Kebakaran Hutan
Gelombang panas menjadi penyebab kebakaran hutan. (Foto: Unsplash/RODRIGO GONZALES)

KEBAKARAN hutan melanda California, AS, Selasa (18/8) waktu setempat. Disebabkan gelombang panas, kebakaran hutan ini membuat suhu di California sangat tinggi. Sebanyak 120.000 hektar lahan di seluruh California telah terbakar.

Situs Cal Fire negara bagian melaporkan terjadi 23 kebakaran hutan aktif yang terjadi di seluruh negara bagian. Ahli meteorologi percaya kebakaran kemungkinan akan terus berlanjut beberapa hari ke depan karena suhu yang sangat tinggi.

Baca juga:

EHang 216F, Drone Pemadam Kebakaran Berkecepatan Tinggi

1
120.000 hektar lahan telah terbakar. (Foto: Unsplash/Matt Howard)

"Ini mungkin akan menjadi salah satu tahun terhangat yang tercatat untuk California, kata Brian Garcia, ahli meteorologi koordinasi peringatan untuk National Weather Service ( NWS) di San Francisco Bay Area kepada CNN. Garcia menambahkan, kebakaran ini bisa saja membuat perubahan iklim global.

Dilansir dari laman T+L, kebakaran terbesar di negara bagian ini semula terjadi di Hutan Nasional San Bernardino. Kejadian itu telah membakar lebih dari 33.400 hektar tanah dan 95 persennya yang terkandung.

Kemudian kebakaran Danau di Los Angeles County adalah kebakaran aktif terbesar kedua di negara bagian, dengan lebih dari 19.000 hektar lahan terbakar dan 38 persen yang terkandung.

Baca juga:

Rambut Manusia dan Bulu Anjing Mampu Atasi Tumpahan Minyak

2
Kualitas udara mungkin akan sangat terpengaruh. (Foto: Unsplash/Andrey Grinkevich)

"Semua kebakaran itu menantang, apalagi kebakaran ini (California), mengingat kondisi yang panas dan kering," kata Rick Young dari California Instant Managing Team 5.

Asap dari kebakaran ini, ditambah dengan panas yang ekstrem, kemungkinan besar akan mempengaruhi kualitas udara.

Hampir 42 juta orang berada di bawah pengawasan panas atau peringatan panas berlebih di California minggu ini. Karena menurut perkiraan NWS, suhu di seluruh negara bagian diperkirakan akan tetap di atas 37 derajat Celcius.

Selama akhir pekan, di daerah Death Valley mungkin telah memecahkan rekor suhu terpanas yang tercatat di Bumi selama lebih dari 100 tahun. Warga dianjurkan untuk tetap menggunakan pendingin ruangan, tetap terhidrasi, dan berhati-hati jika harus berada di luar rumah. (lgi)

Baca juga:

Peringatan NASA: Asteroid Besar Sedang Mengarah ke Orbit Bumi

#Kebakaran #Kebakaran Hutan #California
Bagikan
Ditulis Oleh

Leonard

Bagikan