Apple Resmi Rilis iOS 13 Besok 19 September 2019 Fitur-fitur menarik yang diberikan sistem terbaru Apple. (Foto: Apple)

APPLE bebera minggu yang lalu baru saja merilis tiga tipe iPhone 11 dan sejumlah produk terbarunya. Kali ini Apple mengumumkan kehadiran sistem operasi terbarunya, yakni iOS 13 yang dirilis pada tanggal cantik 19 September 2019.

Dilansir dari laman Mirror, sistem terbaru ini akan memberikan sejumlah fitur baru bagi para pengguna iPhone. Seperti mode gelap pada aplikasi musik dan aplikasi bawaan iPhone, Apple Arcade, Google Street View atau disebut dengan Look Around, dan berbagai aplikasi edit foto dan video.

Baca Juga:

Ini Waktu yang Tak Tepat dalam Menggunakan Gawai

iphone
Tampilan dark mode pada sistem iOS 13. (Foto: Apple)


Aplikasi Reminders juga akan mengalami perubahan bersamaan dengan aplikasi lainnya. Sementara untuk fitur Find My Friends dan Find My iPhone akan bergabung ke dalam aplikasi Find My. Jika kamu ingin update ke sistem baru ini, pastikan kapasitas memori penyimpananmu mencukupi. Sebab, ukuran file iOS 13 ini sebesar 1,5 GB sampai 2 GB sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk mengunduh.

Bukan itu saja, jika diluncurkan tentunya akan menarik jutaan pemakai iOS untuk mengunduhnya dalam waktu yang relatif sama. Ini yang mungkin membuat pengunduhan berjalan agaak lambat. Jika kapsitas penyimpananmu tidak mencukupi, pastikan back up data ke iCloud, Google Drive, atau mencolokkan iPhone ke komputer untuk menyimpan data.

Baca Juga:

Bentuk Tubuh Manusia Berubah di Tahun 2100 Akibat Teknologi Saat Ini

iphone
Fitur terbaru Look Around pada iOS 13. (Foto: Apple)


Sayangnya, iOS 13 ini tidak kompatibel dengan beberapa model iPhone, seperti iPhone 6 atau 6 Plus. Kamu akan tetap menggunakan sistem operasi yang ada pada saat ini. Sementara yang dapat mengunduh iOS 13: iPhone XS, iPhone XS Plus, iPhone XR, iPhone X, iPhone 8, iPhone 8 Plus, iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 6s, iPhone 6s Plus dan iPhone SE

Setelah Apple merilis secara resmi, kamu akan mendapatkan notifikasi pembaruan iOS 13 pada perangkat iPhonemu. Kamu juga bisa cek pembaruan dengan membuka menu Settings atau Pengaturan, General atau Umum, kemudian Software Update atau Pembaruan Perangkat Lunak. Jika tersedia iOS 13, kamu akan melihat opsi untuk memperbarui. (And)


Baca Juga:

Awas 4 Benda Ini Bikin Kulit Wajah Rusak, Salah Satunya Ponsel


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH