Awas 4 Benda Ini Bikin Kulit Wajah Rusak, Salah Satunya Ponsel Rawatlah wajah dengan baik. (Foto: cew5-Pexel/bruce mars)

KEPEKAAN kulit dipengaruhi oleh penggunaan produk yang bersentuhan secara langsung. Kulit wajah memiliki lapisan yang tipis. Oleh karena itu kemungkinan iritasi hingga alergi sangatlah mudah. Kulit yang sensitif memerlukan perlindungan agar terhindar dari produk atau benda yang dapat merusak.

Berikut ini terdapat beberapa benda yang bisa merusak kulit wajah sehingga perlu kamu waspadai.

Baca Juga: Cegah Bahaya Limbah Produk Kosmetik Sejak Dini

1. Busa pasta gigi

kulit
Ada zat dalam pasta gigi memicu kerusakan kulit (Foto Pexels/Pixabay)

Formula dalam pasta gigi mengandung bahan utama triclosan. Kandungan pasta gigi mampu mencegah radang gusi atau gingivitis sebagai antijamur dan antibakteri sehingga menambahkan zat ke dalam sabun untuk memberikan manfaat tambahan seperti yang disampaikan laman alodokter. Tak hanya itu, penggunaan triclosan juga dapat mengganggu perkembangan hormon dan memicu resistensi kuman pada gigi. Pasta gigi memiliki dampak positif dan negatif.

Meski begitu, penggunaan triclosan berpotensi menimbulkan efek samping seperti peradangan kulit atau dermatitis. Di beberapa negara telah melarang penjualan produk yang mengandung triclosan secara berlebihan. Biasanya, penyebaran triclosan melalui sentuhan busa pasta gigi pada wajah. Hal ini bisa menimbulkan kemerahan, rasa gatal hingga nyeri. Jadi ada baiknya untuk menggosok gigi terlebih dahulu kemudian mencuci wajah.

2. Kotornya sarung bantal

kulit
Selalu diingat kalau sarung bantal kotor. (Foto: Pixabay/Engin_Akyurt)

Sarung bantal yang kotor bisa menimbulkan permasalahan wajah seperti jerawat di pipi. Biasanya, sarung bantal menyerap keringat dan minyak berlebih di wajah sehingga memicu timbulnya jerawat. Tersumbatnya pori-pori wajah karena kotoran dan kuman yang menempel pada kulit. Lakukan pergantian sarung bantal hingga sprei secara rutin, seminggu atau sebulan sekali.

Baca Juga: 5 Mitos Tentang Penuaan Ini Sebaiknya Dilupakan

3. Busa perawatan rambut

kulit
Pastikan sisa perawatan rambut tak tertinggal (Foto Pexels/Element5 Digital)

Kandungan dalam perawatan rambut yang menghasilkan busa, ternyata memberikan dampak buruk bagi kulit wajah. Seusai melakukan serangkaian perawatan rambut, penting untuk memastikan kebersihan kulit wajah. Formula dan tekstur produk perawatan rambut cenderung padat sehingga menutup pori-pori wajah yang memicu jerawat. Untuk itu, ubahlah urutan perawatan mandimu seperti penggunaan kondisioner paling akhir. Pastikan produk perawatan rambut tidak menempel ataupun tertinggal di wajah.

4. Penggunaan gawai berlebihan

kulit
Paparan cahaya ponsel bisa menimbulkan kerutan di bawah mata (Foto Pexels/rawpixel.com)

Paparan cahaya gawai bisa memengaruhi kesehatan kulit wajahmu. Beberapa diantaranya bisa menimbulkan kerutan, alergi, jerawat, kantung mata dan bintik hitam. Memerhatikan layar gawai dalam waktu lama menimbulkan dampak buruk bagi kulit wajah karena mengandung nikel, kromium dan kotoran bekas sentuhan tangan. Sementara pantulan cahaya dari layar ponsel membuat matamu terjaga sepanjang malam. (dys)

Baca Juga: Cantik dan 'Glowing' yang Tak Mahal



Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH