Ini Waktu yang Tak Tepat dalam Menggunakan Gawai Kenali waktu-waktu yang tidak tepat dalam menggunakan gawai (Foto: pixabay/free-photos)

SAAT ini perkembangan teknologi memang sangat luar biasa. Setiap produsen pembuat gawai seperti smartphone, laptop maupun tablet, saling berlomba-lomba untuk memberikan inovasi terbaru dengan menggaet banyak konsumen.

Karena kecanggihannya, gawai pun bak kebutuhan wajib dan menjadi candu bagi banyak orang. Melihat hal itu, mungkin sah-sah saja menggunakan gawai, namun dalam waktu-waktu yang tepat.

Karena ada kalanya kamu harus benar-benar meninggalkan gawai, demi kesehatan serta pergaulan sosial. Nah, seperti yang dilansir dari laman Go Dok, berikut ini waktu-waktu yang tak baik untuk menggunakan gawai.

1. Di depan Layar 3 Jam Nonstop

Jangan nonstop berlama-lama didepan komputer (Foto: pixabay/manonazaryan1)

Kendati pekerjaanmu mengharuskan kamu harus duduk didepan layar komputer seharian. Ada baiknya sesekali kamu mengalihkan pandangan. Karena mata manusia tak bisa beradaptasi dengan menatap terus menerus pada satu titik selama berjam-jam.

Karena hal itu dapat menyebabkan kamu menderita Computer Vision Syndrome, seperti mata tegang, iritasi, mata lelah, mata merah dan pandanganmu kabur. Dalam hal ini, setidaknya kamu harus memiliki jeda usai 2-3 jam menatap layar komputer. Alihkanlah mata kamu selama kurang lebih 15-30 menit, pada waktu pengalihan mata itu, jangan menggunakan gawai.

2. Berkumpul dengan Keluarga dan Teman

Berkumpul tanpa gadget dengan keluarga atau teman akan memperat hubungan (Foto: pixabay/vilandra)

Penggunaan internet hingga 10 jam sehari dapat membuat kamu mengalami kemunduran sosial. Karena sosial media dan internet dapat membuat kamu kesepuan dan tak memiliki teman jika terlalu lama menggunakannya.

Bahkan tanpa kamu sadari, kamu seperti orang yang mengalami stres dan depresi. Jadi ketika berkumpul dengan keluarga ataupun teman dekat. Sebaiknya usahakan jaukan diri dari gawai kamu, dengan begitu kamu akan menjaga lingkungan sosial kamu tetap baik-baik saja.

Terlebih jika anak-anak akan mengikuti kebiasaan menggunakan gawai berjam-jam. Hal itu bisa mempengaruhi perkembangan sosial si kecil. Jadi sebaiknya kamu jangan menggunakan gawai saat bersama keluarga

3. Saat Menyetir

Jangan bermain gadget saat menyetir (Foto: pixabay/free-photos)

Waktu yang tidak tepat untuk bermain gawai yang ketiga ialah ketika menyetir kendaraan. Hal ini merupakan yang paling esensial. Karena menggunakan ponsel disaat menyetir, akan mengalihkan pikiran kamu dari jalanan.

Seorang profesor Psikologi dari University. Menuturkan jika menggunakan ponsel saat menyetir, bisa menimbulkan efek yang sama dengan menyetir saat mabuk. Selain itu risiko kecelakaan akan lebih besar jika kamu menggunakan gawai saat menyetir.

Apalagi jika membalas chat atau pesan singkat ketika menyetir.. Maka risiko bahaya pun lebih besar lagi.


4. Saat Akan Tidur

Jangan menggunakan gawai saat ingin tidur (Foto: pixabay/sweetlouise)

Terus menatap layar gawai sebelum tidur, tidak hanya kan membuat kamu lebih susah untuk terlelap. Sebuah studi baru pun menunjukan jika paparan cahaya putih-biru dari ponsel maupun laptop, kamu tak bisa menginterupsi otak dalam produksi hormon melatonin, hormon yang sangat dibutukan tubuh untuk mengatur waktu tidur.

Baca juga: Cara Mudah Tingkatkan Fokus Kerja Usai Libur Panjang Lebaran, Dijamin Ampuh!

Jadi jangan gunakan gawai bilang tak satu jam sebelum kamu tidur. Hal ini dapat membantu kamu untuk tidur lebih cepat dan jauh lebih nyenyak.

Nah itu dia deretan waktu-waktu penting yang harus dihindar dengan bermain gawai yah guys.(ryn)

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH