Apa yang Terjadi Jika Tubuh Kekurangan Protein? Kekurangan protein akan menimbulkan berbagai penyakit dalam tubuh. (Foto: Pixabay/ponce_photography)

PROTEIN adalah salah satu komponen yang sangat dibutuhkan manusia. Nutrisinya berguna untuk membangun jaringan tubuh serta otot. Berbeda dengan lemak yang bisa mengendap cukup lama di dalam tubuh, protein dengan cepat terurai begitu kamu melakukan kegiatan fisik seperti olahraga.

Kamu perlu mencukupi asupan protein sehari-hari agar tidak kurang dari porsi yang dibutuhkan tubuhmu sendiri dengan cara mengonsumsi makanan berprotein. Sayangnya, melansir dari healthline.com, makan banyak belum tentu mencukupi asupan protein. Kamu tetap bisa kekurangan jika makanan yang kamu konsumsi kadar proteinnya sangat rendah. Jika kadarnya terlalu rendah di dalam tubuh bisa sangat berbahaya bagi kesehatan. Simak ulasan berikut ini.

Baca juga:

Latihan Ringan untuk Bantu Percepat Penyembuhan Kaki Terkilir

1. Rambut Rontok

Kamu bisa mengalami kerontokan. (Foto: Pixabay/Free-Photos)
Kamu bisa mengalami kerontokan. (Foto: Pixabay/Free-Photos)

Bukan hanya mineral dan vitamin saja yang dibutuhkan untuk menutrisi rambut, kulit, dan kuku. Kamu juga membutuhkan protein untuk menjaga kesehatannya. Kandungan protein bertugas untuk membuat kulit dan kuku terlihat bersinar. Kekurangan kandungan tersebut akan membuat kuku kusam dan mudah patah. Rambutmu akan mengalami kerontokan permanen.

Baca juga:

Sederet Manfaat Kesehatan dari Minyak Esensial Kopi

2. Kerusakan Hati

Terjadi penumpukan lemak pada hati. (Foto: Pixabay/geralt)
Terjadi penumpukan lemak pada hati. (Foto: Pixabay/geralt)

Biasanya hati yang diselimuti oleh lemak disebabkan karena kurang tidur atau terlalu sering mengkonsumsi minuman beralkohol. Tetapi kekurangan protein ternyata bisa memberikan efek yang sama. Protein berperan dalam mengangkut tumpukan lemak yang menempel pada organ dalam manusia. Jika kamu kekurangan protein lama-lama bisa mengalami kegagalam fungsi hati.

3. Edema

Tubuh bisa mengalami pembengkakan di beberapa area. (Foto: Pixabay/PaintedFeet01)
Tubuh bisa mengalami pembengkakan di beberapa area. (Foto: Pixabay/PaintedFeet01)

Edema merupakan kondisi di mana ada penimbunan cairan di dalam jaringan. Gejalanya ditandai dengan beberapa bagian tubuh yang mengalami pembengkakan. Beberapa area tersebut yakni tangan, kaki, dan pergelangan kaki. Pembengkakan terjadi karena cairan dalam tubuh bocor dan keluar melalui dinding pembuluh darah. (mar)

Baca juga:

Bukan Sekadar Bumbu Masak, Bawang Putih Juga Punya Manfaat Kesehatan


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH