Latihan Ringan untuk Bantu Percepat Penyembuhan Kaki Terkilir Cara simpel menangani kaki terkilir (foto: pixabay/andreas160578)

AKTIVITAS berat seperti menari, taekwondo, sepak bola, basket dan sebagainya, pasti pernah mengalami kaki terkilir atau cidera ankle. Kondisi tersebut sangat merepotkan, membutuhkan waktu untuk kembali pulih. Kebanyakan dari kamu umumnya memulai melakukan latihan ringan untuk membuat pergelangan kaki kembali normal, seperti terapi kecil-kecilan.

Terkadang terapi untuk membantu mempercepat penyembuhan kaki terkilir adalah dengan diurut. Namun hal itu belum tentu membuat kondisi kaki jadi lebih baik, kebanyakan dari kita tidak memiliki keahlian dalam melakukannya. Cara alternatif bisa dilakukan dengan mendatangi ahli urut, jika metode itu yang kamu inginkan.

Baca juga:

Mengapa Pijat Dilarang Saat Cedera Ankle?

Pertolongan petama saat kaki terkilir bisa kamu lakukan dengan mengistirahatkan dan menempelkan kompres es ke pergelangan kaki yang cidera selama 10 hingga 15 menit setiap beberapa jam. Jangan biarkan es menyentuh kulit dan membiarkannya terlalu lama hingga membuat kulit terasa terbakar.

Dilansir dari laman Healthline.com, simak lebih jauh tentang terapi atau olahraga ringan untuk membantu percepat penyembuhan pergelangan kaki yang terkilir.

1. Alfabet kaki

Latihan Ringan untuk Bantu Percepat Penyembuhan Kaki Terkilir
Membentuk huruf alfabet dengan menggunakan jempol kaki (foto: pixabay/KlausHausmann)

Duduk di sofa atau kursi yang nyaman. Rentangkan kaki kamu dan gerakkan kaki seperti menulis huruf alfabet (A-Z) di udara dengan jempol kaki. Jika tidak ada rasa sakit, kamu dapat mengulangi metode ini dua sampai tiga kali. Latihan ringan ini membantu kamu untuk menggerakkan pergelangan kaki ke segala arah.

2. Gerakan lutut

Latihan Ringan untuk Bantu Percepat Penyembuhan Kaki Terkilir
Melakukan gerakan kecil pada lutut (foto: pixabay/naturwohl-gesundheit)

Duduk di kursi dengan kaki menapak di lantai. Perlahan-lahan gerakkan lutut dari sisi ke sisi selama dua hingga tiga menit. Latihan ringan ini berguna untuk meregangkan dan mengendurkan ligamen di sekitar pergelangan kaki.

Baca juga:

Terbukti Ilmiah, Resep Nenek Moyang ini Manjur Atasi Penyakit

3. Pijat Handuk

Latihan Ringan untuk Bantu Percepat Penyembuhan Kaki Terkilir
Gosok pada area yang terkilir dengan handuk kecil sebanyak 5 kali (foto: pixabay/Alexas_Fotos)

Letakkan handuk kecil di lantai di depanmu saat duduk di kursi yang keras. Dengan melepas sepatu dan kaus kaki, pegang handuk dengan lembut, gosok dengan gerakan horisontal pada pergelangan kaki, dan hitung sampai lima. Kemudian lepaskan handuk dan ulangi metode tersebut. Lakukan ini delapan hingga 10 kali. Atau kurang jika kamu merasakan sakit.

4. Peningkatan tumit

Latihan Ringan untuk Bantu Percepat Penyembuhan Kaki Terkilir
Penningkatan tumit dengan menempelkan tumit pada tembok rumah (foto: pixabay/pexels)

Sandarkan kaki ke tembok dan posisikan dua tangan ke depan, tempatkan meja atau kursi belakang untuk menopang. Renggangkan kedua kaki selebar bahu, perlahan-lahan bangkit (seperti gerakan sit up) dan turun kembali.

Lakukan sekitar 10 kali untuk permulaan, jika tidak terasa sakit lakukan 20 kali atau lebih. Ingat, kamu hanya melakukan peregangan moderat dan tidak sampai sakit. Ketika mudah dilakukan, kamu dapat beralih untuk melakukannya hanya dengan jari-jari kaki yang terkilir. (iel)

Baca juga:

Ini nih Bahayanya Keseringan Pakai Sandal Jepit



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH