Anjing Selalu Ada dalam Kehidupan Manusia Kontribusi anjing dalam kehidupan manusia. (Foto: Pixabay/kim hester)

BANYAK orang lebih memilih anjing sebagai hewan peliharaan. Selain karena lucu dan menggemaskan, anjing bisa dijadikan penjaga rumah. Ketika dilatih dengan tepat, mereka akan patuh dan selalu siap melindungi tuannya. Anjing memiliki berbagai kelebihan yang kemudian dimanfaatkan oleh manusia secara maksimal.

Melansir dari center4research.org, hewan peliharaan memang menduduki peran penting di dalam kehidupan manusia. Tetapi anjing memiliki karakter yang lebih dari pada yang lain. Unik dan penyayang. Sifat anjing memang cocok dijadikan peliharaan jangka panjang. Perannya mulai bekerja di ladang sampai menjadi pelacak dalam tugas kepolisian atau militer. Selama ini kehidupan manusia sudah banyak terbantu oleh peranannya.


Baca Juga:

Waspadai 5 Ras Anjing Pemburu Paling Galak


1. Polisi, Militer

anjing
Anjing juga masuk dalam dinas kepolisian atau militer. (Foto: Pexels/Rik Schots)

Semua orang pasti sudah mengetahui kepintaran anjing dalam melacak benda. Di dalam kepolisian, anjing akan dilatih untuk mahir sebagai pemburu. Dalam dinas militer atau kepolisian, mereka kerap digunakan untuk menyisir tempat kunjungan VIP sebagai prosedur keamanan. Anjing juga digunakan untuk memburu penjahat dan menemukan narkoba yang disimpan di suatu tempat.

2. Penuntun

anjing
Jarangbditemukan di Indonesia, tetapi anjing dapat dilatih sebagai anjing penuntun. (Foto: unsplash/milena trifonova)

Kata siapa semua anjing galak? Kamu salah besar. Anjing memang memiliki insting sebagai binatang pada umumnya. Tetapi mereka juga bisa dilatih untuk menjadi lembut dan penyayang. Seperti anjing pengarah jalan bagi para orang buta. Meskipun belum umum di Indonesia, anjing sering dilatih untuk menjadi penuntun. Mereka bahkan sudah dipilih sejak masih bayi.

Baca Juga:

Ketahui Perilaku Alpha Pada Anjing Peliharaan

3. Energi Positif

anjing
Anjing dapat memberikan energi positif. (Foto: Pexels/Daria Shevtsova)

Tidak hanya lumba-lumba saja yang bisa menyembuhkan anak dengan keterbelakangan mental melalui gelombang ultrasonik. Anjing juga bisa menggunakan sifat penyayangnya untuk memberikan energi positif. Banyak orangtua dengan anak berkebutuhan khusus kemudian memilih anjing sebagai sahabat baik mereka.

4. Penjaga Rumah

anjing
Biasa digunakan sebagai penjaga rumah. (Foto: Pixabay/YamaBSM)


Kalau yang ini sih tidak perlu diragukan lagi. Sudah sejak lama anjing digunakan untuk menjaga rumah. Tujuannya sudah pasti untuk membuat pencuri lari tunggang langgang enggan memasuki pekarangan rumah kita. Indra pendengaran dan penciuman anjing sangat kuat. Tertarik untuk mengadopsi anak bulu? (mar)


Baca Juga:

Cara Anjing Nyatakan Rasa Sayang pada Pemiliknya



Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH