Anak Muda Lebih Pilih TikTok untuk Cari Informasi Dibanding lewat Google TikTok dan Instagram jadi favorit anak muda untuk mencari sesuatu di internet dibanding google. (Foto: Pixabay/salen_feyisha)

MEDIA SOSIAL Instagram dan TikTok saat ini tidak sekadar populer digunakan sebagai sarana berekspresi. Pasalnya, banyak anak muda (usia 18-24) yang menjadikan dua aplikasi tersebut sebagai tempat untuk mencari informasi menggantikan 'peran' google.

Seperti yang dikutip dari laman TechCrunch, sebuah studi menyebutkan, hampir 40 persen anak muda lebih memilih menggunakan TikTok dan Instagram untuk mencari suatu informasi dibanding Google Search dan Google Maps. Informasi tersebut diungkapkan langsung oleh seorang petinggi Google yang mengutip dara internal perusahaan.

Baca juga:

TikTok Segera Luncurkan Fitur Kontrol Waktu Layar

hampir 40 persen anak muda lebih memilih menggunakan TikTok dan Instagram untuk mencari suatu informasi dibanding Google. (Foto: Pixabay/antonbe)

"Pada studi kami, hampir 40 persen anak muda, ketika mereka mencari tempat untuk makan siang, mereka tidak menggunakan google maps atau google search, melainkan menggunakan Tiktok atau Instagram," jelas Senior Vice President Google Prabhakar Raghavan.

Menurut Raghavan, penggunaan internet baru mempunyai pola pikir yang berbeda dibanding dengan pengguna internet yang sudah lama. Karena pengguna yang masih berusia muda tidak mencari sesuatu dengan kata kunci, melainkan mencari konten dengan cara yang imersif.

Pihak Google mengonfirmasi komentar Raghavan tersebut serta mengatakan bahwa data itu diambil dari survein internal, yang melibatkan pengguna internet di Amerika Serikat berusia 18-24 tahun. Namun, data tersebut belum tersedia secara publik, tapi kemungkinan akan dimasukkan pada situs kompetisi Google.

Di satu sisi, temuan tersebut dapat menjadi masalah bagi Google. Karena, pengguna itnernet yang berusia muda, kemungkinan akan menggunakan maps untuk navigasi mereka, tapi Google tidak lagi menjadi pilihan utama untuk mencari sesuatu.

Baca juga:

Anak 10 Tahun Tewas akibat Blackout Challenge, TikTok Digugat

Anak muda lebih pilih TikTok dan Instagram dibanding Google. (Foto: Pixabay/amrothman)

Sedikit informasi, Google telah menghabiskan bertahun-tahun untuk memperbarui algoritma rekomendasi untuk sejumlah bisnis di search dan Maps. Tidak hanya itu, Google juga memperoleh keuntungan dari iklan yang dijual untuk beberapa pencarian di search.

Kendati popularitasnya terancam oleh pesaing, Google dikabarkan tidak akan tinggal diam. Perusahaan asal Amerika Serikat itu memakai augmenten reality (AR) serta immersive views yang membuat tampilan peta menjadi lebih realistis.

Raghavan menjelaskan, bahwa pihaknya harus mengeluarkan ekspektasi yang benar-benar baru dan itu membutuhkan dasar-dasar teknologi baru. (Ryn)

Baca juga:

Tiktok Larang Konten Tantangan Viral yang Berbahaya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
AI Baru Ubisoft Bisa Ciptakan Dialog untuk Karakter NPC
Fun
AI Baru Ubisoft Bisa Ciptakan Dialog untuk Karakter NPC

Suasana di dalam gim akan terasa lebih realistis.

Kemenangan Bersejarah Lee Jung-jae
ShowBiz
Kemenangan Bersejarah Lee Jung-jae

Menang dalam kategori dengan persaingan ketat.

Studio Ghibli dan Loewe Rilis Koleksi Spesial 'Howl's Moving Castle'
Fashion
Studio Ghibli dan Loewe Rilis Koleksi Spesial 'Howl's Moving Castle'

Loewe kembali bekerja sama dengan Studio Ghibli untuk koleksi spesial.

IFEX 2023 Dukung Perluasan Pasar Global
Fun
IFEX 2023 Dukung Perluasan Pasar Global

IFEX 2023 digelar di JIExpo, Jakarta, sejak 9-12 Maret.

'Rasa Cinta' Suguhan Materi Segar Persembahan Kqueency dan Garry Armando
ShowBiz
Intel Rugi Rp 6,7 Triliun
Fun
Intel Rugi Rp 6,7 Triliun

Intel mengalami kerugian besar hingga triliunan rupiah

Julia Roberts Kembali ke Bali di Film 'Ticket to Paradise'
ShowBiz
Julia Roberts Kembali ke Bali di Film 'Ticket to Paradise'

Julia Roberts kembali berperan dalam film yang mengambil latar Bali dalam Ticket to Paradise.

Minyak Rami vs CBD untuk Rutinitas Kecantikan
Fun
Dirty Ass Menggila di 'Menendang Bokong Showcase'
ShowBiz
Dirty Ass Menggila di 'Menendang Bokong Showcase'

'Menendang Bokong Showcase' rayakan 10 tahun Dirty Ass berkarya.

Dinamika Perjalanan Cinta Priyanka Chopra dan Nick Jonas Bak Roller Coaster
ShowBiz