Anak 10 Tahun Tewas akibat Blackout Challenge, TikTok Digugat TikTok menuai kecaman dan gugatan karena Challenge di platformnya menyebabkan bocah meninggal dunia (Foto: pixabay/salen_feyisha)

SEORANG ibu asal Pennsylvania, Amerika Serikat, melayangkan gugatan kepada TikTok serta perusahaan induknya, ByteDace. Gugatan tersebut menyatakan TikTok diduga mempromosikan konten yang menyebabkan putrinya meninggal dunia.

Seperti dikabarkan Gizmodo, pada gugatannya, perempuan bernama Tawainna Anderson itu mengatakan putrinya, Nylah, yang berusia 10 tahun meninggal dunia tahun lalu setelah mencoba 'Blackout Challenge' yang muncul di TikTok.

Baca Juga:

Tiktok Larang Konten Tantangan Viral yang Berbahaya

Blackout merupakan sebuah tantangan yang mendorong para pengguna untuk merekam dirinya ketika menahan napas atau membuat sesak napas hingga pingsan. (Foto: pixabay/antonbe)

Challenge tersebut merupakan sebuah tantangan yang mendorong para pengguna untuk merekam dirinya ketika menahan napas atau membuat sesak napas hingga pingsan.

Lebih lanjut Anderson menjelaskan ia menemukan putrinya dalam kondisi tidak sadarkan diri pada 7 Desember 2021. Ia langsung membawanya ke rumah sakit. Namun, lima hari kemudian, Nylah meninggal dunia karena luka yang dideritanya.

Dokumen pengadilan mengklaim Nylah melihat video Blackout Challenge tersebut pada halaman 'for you' yang direkomendasikan oleh algoritma TikTok karena menganggap konten itu menarik untuk ditonton Nylah.

"Sudah saatnya tantangan berbahaya ini berakhir. Ini harus diubah dan harus dihentikan karena saya tidak ingin orangtua lainnya mengalami apa yang saya alami," jelas Anderson, dikutip Gizmodo.

Sebelum kasus Nylah, Blackout Challenge juga sudah memakan korban lain. Seorang anak perempuan berusia 10 tahun di Italia dikabarkan meninggal dunia setelah melakukan tantangan itu pada Januari 2021. Selain itu, anak laki-laki di Colorado, AS, juga meninggal dunia Apada April 2021 karena mengikuti Blackout Challenge.

Konten Blackout Challenge dilaporkan sudah beredar di TikTok selama bertahun-tahun. Namun, variasi dari challenge itu sudah menjadi bagian dari permainan anak-anak di sekolah selama beberapa dekade ini. "Challenge yang 'mengerikan' itu juga tampaknya dipelajari orang-orang dari sumber selain TikTok. Sudah lama ada sebelum platform kami, dan tidak pernah jadi tren TikTok," jelas juru bicara TikTok dalam keterangan resminya.

Baca Juga:

TikTok Shopping 2021 Didominasi Pelanggan Perempuan

pihak TikTok tetap waspada dan mengedepankan komitmen TikTok terhadap keamanan pengguna(Foto: pixabay/amrothman)

Juru bicara TikTok tersebut menambahkan, pihaknya tetap waspada dan mengedepankan komitmen TikTok terhadap keamanan pengguna dan akan segera menghapus konten terkait bila ditemukan. Pihak TikTok juga tak lupa mengucapkan turut berduka bagi para korban.

"Simpati terdalam kami ditujukan kepada keluarga atas kehilangan mereka yang meninggal dengan tragis," tambah juru bicara TikTok.

Namun, gugatan tersebut bukan satu-satunya yang dilayangkan kepada TikTok perihal dugaan mempromosikan konten berbahaya bagi anak. Pada Maret 2022, jaksa di sejumlah nagara bagian AS melakukan investigasi untuk mencari tahu apakah TikTok berbahaya bagi anak muda dan apakah mereka menyadari konten yang dilihat pengguna berusia muda. (Ryn)

Baca Juga:

TikTok Hadirkan Diskusi Soal Perkembangan Film di Indonesia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Tanah Memiliki Peran Penting dalam Kesehatan Iklim
Fun
Tanah Memiliki Peran Penting dalam Kesehatan Iklim

Penggunaan tanah yang intensif juga dapat menyebabkan kontaminasi dan polusi kimia.

Bintang 'Squid Game' Jung Ho-Yeon Bakal Tampil di Film Hollywood
ShowBiz
Bintang 'Squid Game' Jung Ho-Yeon Bakal Tampil di Film Hollywood

Jung Ho Yeon juga bakal tampil di 'Disclaimer' serial Apple TV+.

Kulit Cantik dengan Air Mawar
Fun
Kulit Cantik dengan Air Mawar

Cocok untuk kulit sensitif

Menurut Feng Shui, Beberapa Tanaman Mungkin Membawa Sial
Fun
Menurut Feng Shui, Beberapa Tanaman Mungkin Membawa Sial

Ada tanaman pembawa sial? Begini kata feng shui.

Tiga Makanan yang Mengandung Nol Kalori
Fun
Tiga Makanan yang Mengandung Nol Kalori

Bisa diolah menjadi berbagi hidangan sekaligus.

Penyintas Kanker Berisiko Alami Gangguan Seksual
Fun
Penyintas Kanker Berisiko Alami Gangguan Seksual

Hasrat seksual berpotensi terganggu pada penyintas kanker

Kisah Pelajar Asal Indonesia Belajar di Luar Negeri Saat Pandemi
Hiburan & Gaya Hidup
Kisah Pelajar Asal Indonesia Belajar di Luar Negeri Saat Pandemi

Ia mengalami banyak perbedaan ketika awal menjalani hari di negeri Kangguru.

Lenovo ThinkBook Plus Gen 3 Hadir dengan Dua Layar
Fun
Lenovo ThinkBook Plus Gen 3 Hadir dengan Dua Layar

ThinkBook Plus Gen 3 hadir dengan layar ultra-wide.