5 Tempat Berkemah Terbaik di Dunia untuk Keluarga Pecinta Alam Kemping dengan pemandangan indah di Uzungol, Turki. (Foto: Pixabay/KenanTekin)

BERKEMAH bisa menjadi pilihan asyik untuk liburan keluarga, terutama buat pencinta alam. Berkemah cara yang cocok untuk bersantai, menghabiskan waktu bersama, juga tanpa gangguan teknologi dan kesibukan pekerjaan.

Berkemah juga berarti kesempatan bagi anak-anak untuk memahami pentingnya alam dan bagaimana menghormati ekosistem. Dikutip Booking.com, berikut ini lima tujuah tujuan berkemah terbaik untuk petualangan keluarga kamu.


1. Brinchang, Malaysia

 Orang-orang menyebut hutan di Brinchang sebagai Hutan Lumut. (Foto: instagram.com/foreveratraveler_)
Orang-orang menyebut hutan di Brinchang sebagai Hutan Lumut. (Foto: instagram.com/foreveratraveler_)

Ketika ingin merasakan suasana hutan, pergilah ke stasiun bukit Brinchang, Cameron Highlands, negara bagian Pahang, Malaysia. Di sana terdapat hutan yang dikenal orang lokal sebagai "Hutan Lumut".

Kamu bisa mengikuti perjalanan melintasi hutan dan cobalah untuk melihat flora dan fauna di sana. Di sana merupakan lingkungan lembab yang sangat ideal untuk katak, burung tropis, dan bunga Rafflesia. Kamu juga bisa berenang di kolam air terjun.


Baca juga berita lainnya dalam artikel: Azerbaijan, Negara Indah dengan Sejuta Destinasi Wisata Ziarah Islami


2. Ta'if, Arab Saudi

 Ta'if kawah bundar Al-Wahbah. (Foto: instagram.com/rakanalqurashi)
Ta'if kawah bundar Al-Wahbah. (Foto: instagram.com/rakanalqurashi)

Ta'if merupakan sebuah kota di Provinsi Mekah, barat daya Arab Saudi. Daerah ini dikenal kering, berbukit-bukit, dan surganya anggur, delima, dan buah ara. Ta'if juga bagi keluarga yang ingin menyaksikan keindahan alam Al-Wahbah, kawah bundar dengan permukaan berwarna krem dan membentang dua kilometer.

Kamu dan keluarga bisa menghabiskan malam karena spot berkemah sedang dibangun tepat di samping kawah. Kurangnya polusi cahaya memungkinkan langit gelap dan bintang-bintang terlihat sangat terang. Tentu kamu dapat menghabiskan malam dengan belajar bersama tentang galaksi dan rasi bintang.


Baca juga berita lainnya dalam artikel: Pulau-Pulau dengan Cerita Mistis Mendunia Ini Benar-Benar Ada, di Mana Saja?


3. Imatra, Finlandia

 Imatra bisa jelajahi dengan hiking hingga main ski. (Foto: instagram.com/ann_aleksa_x)
Imatra bisa jelajahi dengan hiking hingga main ski. (Foto: instagram.com/ann_aleksa_x)

Imatra adalah sebuah kota kecil di Finlandia. Tepatnya terletak di tengah hutan belantara tua dan jeram. Imatra tak mengenal waktu untuk dikunjungi keluarga pecinta alam. Kamu bisa memancing, hiking, atau main ski.

Kamu dan keluarga juga bisa mengunjungi jeram Imatrankoski, menjelajahi Danau Saimaa, dan hutan lebat di sekitarnya. Imatra juga surganya buah beri liar dan jamur yang bisa dikonsumsi.


Baca juga berita lainnya dalam artikel: Menyusuri Kathmandu, Kota Wisata yang Bangkit dari Keterpurukan


4. Sierra Nevada, Spanyol

 Sierra Nevada terkenal akan saljunya ketika musim dingin. (Foto: instagram.com/bobbowmanphotography)
Sierra Nevada terkenal akan saljunya ketika musim dingin. (Foto: instagram.com/bobbowmanphotography)

Sierra Nevada adalah pegunungan dan taman nasional di wilayah Andalusia Spanyol. Siera Nevada juga merujuk pada nama resor ski keluarga yang terletak di ketinggian tengah puncak berbatu.

Di musim dingin, kota pegunungan ini terkenal akan saljunya. Sementara di musim panas, berkemah di Sierra Nevada bisa menjadi pengalaman berbeda, dikelilingi oleh lembah terbuka dan langit biru yang jernih. Berkemah liar diperbolehkan di pegunungan tetapi ada beberapa batasan.


Baca juga berita lainnya dalam artikel: 18 Padang Golf Terindah Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia


5. Uzungol, Turki

 Uzungol menawarkan tempat hiking di Pegunungan Soganli. (Foto: instagram.com/nilay6965)
Uzungol menawarkan tempat hiking di Pegunungan Soganli. (Foto: instagram.com/nilay6965)

Uzungol, dikenal secara lokal sebagai Seraho, merupakan sebuah danau tenang yang ditemukan di pegunungan sebelah selatan kota Trabzon, Turki. Daerah ini cocok bagi keluarga yang senang berada di tepi air dan menawarkan kesempatan untuk pergi hiking di Pegunungan Soganl?.

Untuk mendirikan kemah malam, kamu dapat mendaki atau berkendara menuju bukit-bukit di sekitarnya. Di puncak gunung, kamu juga akan menemukan ruang terbuka tempat banyak pelancong berkemah. (*)


Baca juga berita lainnya dalam artikel: 7 Hotel Berkonsep Simpel nan Menginspirasi, Bikin Betah Tinggal Berlama-lama

Kredit : zulfikar

Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH