Pulau-Pulau dengan Cerita Mistis Mendunia Ini Benar-Benar Ada, di Mana Saja?

Zulfikar SyZulfikar Sy - Minggu, 28 April 2019
Pulau-Pulau dengan Cerita Mistis Mendunia Ini Benar-Benar Ada, di Mana Saja?
Pulau-pulau dengan cerita mistis terkenal kini menjadi destinasi wisata dunia terkenal. (Foto: Pixabay/werner22brigitte)

PERNAH membayangkan sebuah pulau mistis misterius, menakutkan, dan berbahaya untuk diakses? Ternyata pulau mistis legendaris seperti itu benar-benar ada.

Beberapa pulau menampilkan mitos abadi yang telah diturunkan dari generasi ke generasi. Bukan sekadar cerita fiksi, beberapa kisah pulau tersebut justru diilhami oleh peristiwa dan tempat nyata.

Dikutip Booking.com, dari para ahli dan penggemar mitologi mencatat, tercatat tiga pulau legendaris yang sejarahnya lebih dari sekadar mitos.

1. Isle of Demons/ Pulau Fischot, Kanada

 Pulau Fischot berada di balik kisah Isle of Demons. (Foto: instagram.com/saragardiner)
Pulau Fischot berada di balik kisah Isle of Demons. (Foto: instagram.com/saragardiner)


Pulau kecil ini terletak di dekat provinsi Newfoundland dan perbatasan Labrador. Pulau Fischot adalah salah satu inspirasi yang diduga di balik kisah Isle of Demons. Sementara lokasi pasti dari pulau mitos itu belum pernah dikonfirmasi.

Pulau Fischot adalah salah satu dari tiga yang dianggap sebagai sumber kisah seram (selain Pulau Quirpon dan Pulau Caribou). Pulau ini pertama kali muncul di peta pada tahun 1500-an dan telah lama menjadi subjek takhayul pelaut. Dianggap sebagai rumah hantu bagi orang-orang yang tenggelam di Atlantik, bersama dengan sejumlah roh iblis lainnya.

Isle of Demons terkenal dengan status sebenarnya dalam mitologi maritim pada pertengahan 1500-an. Konon siapa pun yang berani melakukan usaha dekat dengan pulau itu, dengan kabut tebal yang menggantung di atasnya, akan diserang oleh setan-setan itu.

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Tibetan Village, Lokasi Transit Populer di Jalur Pendakian Annapurna Base Camp


2. Atlantis/Santorini, Yunani

 Santorini menjadi latar legenda terbesar dunia Atlantis. (Foto: instagram.com/lauraamy.t)
Santorini menjadi latar legenda terbesar dunia Atlantis. (Foto: instagram.com/lauraamy.t)

Dalam beberapa tahun terakhir, Santorini telah menarik pengunjung dengan pemandangan kaldera dan kemewahan pantai vulkaniknya yang berwarna hitam arang. Tempat itu juga menjadi latar yang dianggap sebagai salah satu legenda terbesar dunia, Atlantis. Santorini muncul pertama kali dalam karya-karya Plato Timaeus dan Critias.

Atlantis adalah kisah alegoris tentang orang-orang yang setengah manusia dan setengah dewa. Mereka hidup di serangkaian pulau yang menyimpan emas, perak, dan logam mulia lainnya. Atlantis juga merujuk pada hancurnya peradaban kuno setelah upaya penduduk pulau untuk menyerang Athena, di mana para Dewa melepaskan gempa bumi di laut sebagai hukuman dan menenggelamkan Atlantis ke dasar samudera.

Banyak penelitian tentang pulau tersebut untuk memahami apakah Atlantis murni fiksi atau bukan. Sejarah pulau Yunani ini tentu saja tumpang tindih dengan kisah kerajaan kuno. Meskipun sebagian besar hubungan dengan Santorini adalah dugaan, mengunjungi pulau masih merupakan pengalaman yang spektakuler dengan rumah-rumah Cycladic putihnya.

Baca juga berita lainnya dalam artikel: 18 Padang Golf Terindah Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia


3. Sirenum scopuli/Capri, Italia

 Siren's Rock merupakan salah satu tempat paling terkenal di Capri. (Foto: instagram.com/elsamaribel)
Siren's Rock merupakan salah satu tempat paling terkenal di Capri. (Foto: instagram.com/elsamaribel)

Capri memiliki daya tarik yang menggoda. Sirene merujuk pada makhluk mitos dengan sebagian berbadan wanita dan sebagian burung. Makhluk itu dikenal karena suara dan nyanyiannya yang menyihir, menarik para pelaut ke dalam kematian.

Bagian dari pulau yaitu Sirenum scopuli, serangkaian tiga tumpukan berbatu di lepas pantainya. Dalam literatur, Ulysses adalah salah satu dari sedikit yang selamat dan berhasil menahan jebakan sirene ketika ia berlayar melewati batu-batu ini.

Meski mitos sirene terus hidup, hal itu tak menghalangi para penjelajah untuk melakukan perjalanan ke sudut-sudut pulau ini. Di sini, kamu akan menemukan Siren's Rock, tumpukan laut menjulang yang dapat dicapai melalui perahu, sebuah pengalaman yang jauh dari perjalanan berbahaya seperti dilakukan oleh para pelaut zaman dulu. (*)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Menyusuri Kathmandu, Kota Wisata yang Bangkit dari Keterpurukan

#Wisata Dunia #Cerita Mistis
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan