Relasi

5 Tanda Kamu Terlalu Bergantung dengan Pasangan

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Senin, 08 Mei 2023
5 Tanda Kamu Terlalu Bergantung dengan Pasangan
Menjalin hubungan dengan pasangan secara sehat. (Foto: Unsplash/Muhammad Ruqi Yaddin)

BAGI sebagian orang, menjalin hubungan dengan kekasih menjadikan dirinya lebih semangat dalam beraktivitas. Namun jika terlalu banyak berkorban untuk kebahagiaan pasanganmu tanpa timbal balik yang sama, bisa jadi kamu terlalu bergantung pada pasanganmu atau codependent.

Seperti dilansir laman Alodokter, terlalu bergantung pada pasangan merupakan ciri-ciri hubungan yang tidak sehat. Hubungan semacam ini tercipta saat seseorang merasa tidak cukup, tidak mampu, dan perlu bergantung pada orang lain untuk dapat merasa lengkap.

Semua orang dapat berisiko menjadi codependent. Namun, penelitian mengungkap bahwa risiko untuk mengalami codependent akan semakin besar pada orang yang semasa kecil atau remaja kurang mendapat perhatian dari orang tuanya.

Berikut ciri-ciri kamu terlalu bergantung pada pasangan.

Baca juga:

Kamu Bisa Lebih Sehat Jika Tidur Sendiri, Tanpa Pasangan

5 Tanda Kamu Terlalu Bergantung dengan Pasangan
Kamu kerap merasa cemburu dengan orang lain. (Foto: Unsplash/Niclas Moser)

1. Takut Bikin Keputusan untuk Diri Sendiri

Kamu mulai merasa tidak nyaman dengan penilaianmu, bahkan untuk hal-hal sederhana. Kamu merasa harus mengikuti apa yang dikatakan pasanganmu dan perlu untuk meminta izinnya saat akan melakukan sesuatu.

Contohnya, kamu selalu merasa perlu mendapatkan persetujuan dari pasangan mengenai hal-hal kecil sekalipun, termasuk untuk bertemu dengan sahabat terdekat di akhir pekan.

2. Melakukan Hal yang Disukai Demi Menyenangkan Pasangan

Menyenangkan pasangan memang hal yang positif. Namun, itu akan menjadi negatif jika kamu terlalu memaksakan dan di luar kendalimu.

Misalnya, kamu rela menyewa mobil saat ingin jalan bersama pasanganmu. Padahal kamu punya motor. Faktanya, mungkin kamu belum terlalu lancar menyetir mobil.

Baca juga:

Yuk, Bangkitkan Kembali Semangat Cinta ke Pasangan

5 Tanda Kamu Terlalu Bergantung dengan Pasangan
Kamu rela melakukan segala hal demi menyenangkan dia. (Foto: Unsplash/Manuel Meurisse)


3. Rela Melakukan apapun atau Memilih Diam Demi Menghindari Perdebatan

Pelaku codependent akan memilih untuk mengikuti apa pun pendapat dari pasangan karena tidak ingin berdebat dan takut ketidaksetujuan yang diungkap memicu pertengkaran. Jika kamu selalu mengalami kondisi ini, kamu bisa kehilangan identitas diri.

4. Memberikan Bantuan yang Membuatmu Tidak Nyaman

Kamu memaksakan diri untuk membantu pasanganmu meski kamu tidak berkemampuan untuk memenuhinya. Contohnya adalah kamu rela untuk memberikan pinjaman uang lebih besar dari yang kamu mampu.

Kamu mengubah standar dan batasan demi membantu atau sekadar untuk menyenangkan pasanganmu.

5. Mudah Cemburu

Cemburu dengan pasangan sebenarnya sah-sah saja asalkan tidak berlebihan. Kamu juga cenderung menyimpan perasaan karena takut hubungannya berakhir jika hal tersebut diungkapkan. (and)

Baca juga:

Tanda Dirimu Tidak Lagi Bahagia dengan Pasangan

#Relasi
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan