Fashion

5 Pakaian yang Pantang Masuk Mesin Cuci

Dwi AstariniDwi Astarini - Selasa, 09 Agustus 2022
5 Pakaian yang Pantang Masuk Mesin Cuci
Hindari mencuci jenis pakaian ini dengan mesin supaya lebih awet. (foto: Pexels_Rodnae Productions)

CARA tercepat mencuci baju tentunya dengan memasukkannya ke mesin cuci. Ya, tak dimungkiri beberapa orang mungkin tidak punya waktu yang cukup untuk sekadar mencuci pakaian. Biasanya mereka akan langsung melempar baju-baju kotor itu ke dalam mesin cuci dan membiarkan alat itu melakukan sisa tugasnya.

Namun, tahukah kamu kalau ada beberapa jenis pakaian yang lebih baik dicuci manual menggunakan tangan? Seperti dikabarkan NeatEX, beberapa jenis pakaian ini pantang kamu masukkan ke mesin cuci. Tujuannya tak lain agar lebih awet.

BACA JUGA:

Agar Kerah Baju Tidak Ganggu Penampilan, Begini Triknya


1. Baju renang

baju renang
Mesin cuci bisa merobek baju renang.(foto: pexels-alleksana)


Kamu mungkin cukup sering menemukan keterangan di baju renang yang boleh dicuci menggunakan mesin cuci. Namun, kamu perlu tahu kalau putaran di mesin cuci berpotensi lebih besar untuk membuat baju renang menjadi sobek. Mesin cuci bisa merusak bagian tali dan sisi dalam baju renang, belum lagi jika terdapat pengait di bajunya.

2. Jas dan jaket

jaket
Merusak susunan bagian dalamnya. (foto: pexels-lisa-fotios)


Katun atau baju berbahan polyester merupakan bahan yang disebut paling aman untuk dicuci menggunakan mesin. Namun, itu tidak berlaku bagi jas dan jaket. Meskipun terbuat dari bahan katun, kedua pakaian ini nyatanya tersusun dari berbagai lapisan di dalamnya. Mesin cuci berpotensi untuk merusak susunan ini dan bagian dalamnya.


3. Pakaian berbahan kulit

jaket kulit
Jaket kulit yang dimasukkan ke mesin cuci biasanya akan menempel dan cepat rusak. (foto: Pexels_Milada Vigerova)


Bahan kulit cenderung akan lengket dan menempel satu sama lain saat dicuci dengan mesin. Hal ini akan merusak strukturnya dan membuat pakaian kulitmu jadi pecah-pecah. Belum lagi kelembapan atau panas dalam mesin cuci juga akan membuat pakaian kulit jadi tidak awet.

BACA JUGA:

Fenomena Beli Baju Lebaran Berpotensi Cemari Lingkungan, Siasati dengan Cara Ini

4. Bra

bra
Pengait bra berpotensi menyangkut. (foto: pexels-cottonbro)


Mayoritas bra pasti memiliki pengait dan jika dicuci dengan mesin, pengait ini berpotensi menyangkut serta merusak pakaian lain. Selain itu, talinya juga akan lebih rentan itu melar dari bentuk aslinya karena ikut terputar bersama banyak pakaian.

5. Dasi

dasi
Dasi yang terbuat dari sutra akan cepat rusak dan pudar warnanya jika dicuci dengan mesin. (foto: Pexels_Mike B)


Hampir seluruh dasi pasti memiliki peringatan untuk tidak dicuci menggunakan mesin. Dasi terbuat dari sutra yang strukturnya akan mudah rusak jika dimasukkan ke mesin cuci. Selain itu, warna dari dasi juga akan lebih cepat pudar jika dicuci atau dikeringkan dengan mesin.(mcl)

BACA JUGA:

Mengapa Pakai Batik di Hari Jumat?

#Fashion
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan