Agar Kerah Baju Tidak Ganggu Penampilan, Begini Triknya Jangan biarkan kerah baju mengganggu penampilan Anda. (Foto: Pixabay)

JANGAN biarkan kerah baju miring atau kusut. Penampilan Anda yang sudah keren bisa langsung berubah 360 derajat. Terdengar sepele, tapi benar adanya.

Kerah dan garis leher bukan cuma memperindah bentuk busana. Tak banyak yang tahu kalau kerah baju berpengaruh pula pada keseimbangan sosok serta dapat menonjolkan bentuk wajah Anda. "Kerah baju berfungsi untuk menonjolkan struktur wajah," tegas pengarah gaya selebritas, Samantha Brown, sebagaimana dikutip dari Men's Health.

Kehadiran kerah pada kemeja Anda juga memberi kesan lebih formal. Melihat fungsinya yang amat menunjang penampilan, Anda sebaiknya senantiasa mengecek kerah baju sebelum meninggalkan rumah. Beberapa kejadian yang bisa menjatuhkan penampilan Anda adalah adanya kerutan pada kerah atau salah satu kerah terjuntai sehingga tidak seimbang dengan posisi kerah yang satunya.

1. Staplek

Agar kerah baju tetap terlihat tegak, pilihlah kemeja yang lapisan dalam kerahnya menggunakan staplek alias kain keras. Dengan staplek, kerah baju akan tetap tegak walaupun telah berkali-kali dicuci. Bahan ini juga akan membuat kerah terjaga kerapiannya.

2. Placket

Cara terbaik mendapatkan kemeja berkerah yang awet rapinya dimulai sejak Anda membeli kemeja. Beli kemeja dengan placket yang bagus yang dapat menyangga kerah baju dengan baik sehingga dapat tetap tegak. "Kerah model spread cenderung lebih ringan dan mampu mempertahankan bentuknya," terang Brown. Kemeja model spread mempunyai bentuk yang lebih terbuka atau lebar ketimbang jenis kerah lain.

3. Collar stays

Gunakan collar stays jika ingin kerah baju tetap tegak selama Anda pakai. Collar stays yang dijual di toko beragam bahannya, mulai dari plastik hingga kayu dan logam. Collar stays biasanya digunakan dengan cara diselipkan pada kerah bagian dalam. Tapi, tidak semua kemeja dilengkapi tempat untuk menyelipkannya. Jika memiliki kemeja seperti ini, Anda harus membeli collar stays yang mengandung magnet.

4. Setrika

Menyetrika kemeja merupakan trik termudah menyamakan struktur kerah sekaligus menghilangkan kerutan. Agar kerah cepat rapi, Anda dapat menyemprotkan cairan antikusut untuk pakaian. Tip menyetrika kerah ialah tekan secara perlahan. Lalu setrikalah mulai dari bagian depan ke belakang. Lakukan hal yang sama untuk bagian belakang kerah.

5. Kancing

Jika tak mau repot menggunakan color stays atau menyetrika, Anda sebaiknya mengenakan kemeja yang dilengkapi kancing bulat kecil di bagian belakang kerah. Fungsi kancing ini ialah menyatukan kerah dengan kemeja sehingga kerah akan tetap tegak dan rapi.

Anda cukup memilih satu dari lima trik yang disampaikan melalui artikel ini. Kerah baju Anda dijamin akan tetap tegak dan terjaga kerapiannya. Ingat, jangan biarkan kerah baju yang tidak rapi mengganggu penampilan Anda. (*)



Rina Garmina

LAINNYA DARI MERAH PUTIH