Kuliner

5 Nasi Goreng Khas Indonesia, Pas untuk Menu #DiRumahAja

Dwi AstariniDwi Astarini - Jumat, 17 April 2020
5 Nasi Goreng Khas Indonesia, Pas untuk Menu #DiRumahAja
Nasi goreng nikmat disajikan kapan saja. (foto: pixabay/takedahrs)

SAJIAN nasi goreng selalu bisa kamu andalkan kapan saja untuk menumpas rasa lapar. Awalnya, nasi goreng memang dikenal sebagai menu sarapan. Hal itu disebabkan bahan nasi goreng yang berupa nasi sisa.

Meskipun merupakan sajian daur ulang agar makanan tidak mubazir, nasi goreng dibuat cukup lengkap. Nasi dimasak bersama bumbu, telur, sayuran, dan tambahan ayam atau daging. Selain enak dan lengkap, nasi goreng juga banyak variasinya. Beda daerah, beda pula tampilan dan citarasa nasi goreng yang ditawarkan. Yuk, cobain untuk menu #DiRumahAja.

BACA JUGA: 4 Makanan Nonhalal Populer di Pontianak

1. Nasi goreng Jawa

nasi goreng jawa
Nasi goreng Jawa berwarna merah. (foto: Instagram @meilinaferlito)


Umumnya nasi goreng dibuat dengan bumbu yang amat sederhana, yakni bawang putih. Namun, nasi goreng Jawa menggunakan bumbu sambal ulek cabai dan bawang-bawangan. Hal itulah yang membuat nasi goreng Jawa punya warna merah.

Di dalam adukan nasi goreng Jawa juga dimasukkan beragam isian, mulai dari suwiran ayam kampung, tauge, telur, hingga sawi hijau. Semuanya dimasak di atas anglo berbahan bakar arang. Itulah yang bikin aroma nasi goreng ini khas. Di beberapa daerah, nasi goreng Jawa bahkan disajikan dengan topping irisan telur dadar, kubis, hingga babat goreng.


2. Nasi goreng mawut

nasi goreng mawut
Nasi goreng mawut dicampur mi dan berbagai sayuran. (foto: Instagram @yohanes.cahya)

Nama mawut diberikan karena tampilan nasi goreng ini yang berantakan. Mawut dalam bahasa Jawa berarti berantakan. Ada juga yang menyebut nasi goreng ini dengan nama nasi goreng magelangan.

Nasi goreng mawut dibuat dengan bumbu yang sama dengan nasi goreng Jawa. Bedanya, nasi goreng mawut ditambahkan mi, sawi hijau, kubis, dan suwiran daging ayam. Itulah yang bikin sajian ini terlihat berantakan.

3. Nasi goreng Sunda

nasi goreng sunda
Warna kuning nasi goreng Sunda dari bahan kunyit yang digunakan. (foto: Instagram @enhaiicempakaputih)


Beda dengan nasi goreng Jawa yang berwarna merah, nasi goreng Sunda punya tampilan kekuningan. Hal itu disebabkan tambahan kunyit pada bumbu halus yang digunakan.

Nasi goreng Sunda punya citarasa gurih dan sedikit pedas. Isiannya pun relatif beragam, mulai dari daging ayam, sayuran, hingga bakso.

BACA JUGA: Camilan yang Sangat Digemari Masyarakat Indonesia


4. Nasi goreng Aceh

nasi goreng aceh
Nasi goreng berempah ala Aceh nikmat dengan acar bawang. (foto: Instagram @kulineraceh)

Bumbu kaya rempah menjadi ciri khas nasi goreng Aceh. Penggunaan rempah membuat rasa nasi goreng Aceh terasa hangat di badan saat disantap. Selain rasa rempah, nasi goreng Aceh juga punya citarasa pedas yang menyatu bersama bumbu-bumbu.

Selain bumbu yang kaya rempah, nasi goreng Aceh juga dilengkapi daging sapi yang dipotong kotak-kotak kecil. Ada juga yang berisikan telur. Tambahan emping dan acar bawang membuat rasa pedas berempah nasi goreng Aceh terasa ringan dan makin nikmat.


5. Nasi goreng Padang

nasi goreng padang
Dimasak sekaligus dalam jumlah yang banyak. (foto: Instagram @nasigorengpadang)

Di Sumatra Barat, nasi goreng dimasak dalam kuali besar. Pedagang tidak memasak nasi goreng per porsi, tapi membuatnya sekaligus dalam jumlah banyak. Nasi goreng yang sudah masak akan dimasukkan ke termos nasi agar tetap hangat.

Nasi goreng Padang punya citarasa pedas dengan tambahan rempah seperti lada dan pala. Ada juga yang menambahkan suwiran daging rendang ke nasi goreng Padang sehingga nasi terasa makin sedap. Nasi goreng pedas ini disajjikan bersama kerupuk dan potongan mentimun segar. Nikmat dan bikin kenyang.(dwi)

BACA JUGA: Mulai Langka, Makanan Khas Papua Ini Punya Banyak Manfaat untuk Tubuh

Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan