4 Makanan Nonhalal Populer di Pontianak

Muchammad YaniMuchammad Yani - Jumat, 17 April 2020
4 Makanan Nonhalal Populer di Pontianak
Makanan non halal khas Pontianak (Foto: [email protected])

JIKA pandemi virus corona baru atau COVID-19 reda, kamu bisa memulai aktivitasmu seperti biasa, salah satunya berburu kuliner. Buat kamu pecinta makan, jangan lupa untuk berkunjung ke daerah Kalimatan Barat, kota kecil Pontianak.

Daerah dengan penduduk sebanyak 667 ribu jiwa itu memiliki banyak sekali inovasi-inovasi makanan juara dan diburu oleh pecinta kuliner Nusantara.

Baca juga:

Wow! Nenek 93 Tahun Menerima 150 Kaleng Bir Gratis saat Karantina Diri

Pontianak memiliki penduduk beretnis Tionghoa, hal ini tentu mempengaruhi cita rasa dan menu masakan di sana. Banyak juga makanan-makanan nikmat berbasis nonhalal yang bisa kamu cicipi. Apa saja sih?

1. Bakmi Kepiting

Semangkuk bakmi kepiting Pontianak (Instagram/Suhartono.Faizal)
Semangkuk bakmi kepiting Pontianak (Foto: [email protected])

Berbeda dengan bakmi pada umumnya, bakmi yang satu ini menyajikan citarasa bakmi dengan rasa minyak B2 yang begitu kuat. Topping yang disajikan pun beraneka ragam, mulai dari ayam cincang, baso ikan, daging. Tapi dari semuanya yang paling favorit adalah daging kepiting.

2. Kwe Kia Theng

Kwe Kia Theng yang banyak dicari orang (Instagram/nomdicted)
Kwe Kia Theng yang banyak dicari orang (Foto: Instagram@nomdicted)

Ribet ya namanya? Nama makanan yang susah diingat ini akan sekejap kamu ingat ketika menyantapnya. Mi yang dilengkapi dengan daging B2, serta telur dan kuah coklat segar akan membuatmu ketagihan. Terkenalnya Kwe Kia Theng membuatnya menyebar ke kota lain. Seperti Jakarta dan Tangerang yang perlahan-lahan sudah terlihat adanya kehadiran makanan khas Pontianak ini.

Baca juga:

Boros Karena Sering Beli Pakaian? Coba Fashion Detox Challenge


3. Kwe Cap

Semangkuk kwecap hangat (Instagram/Camerakuliner)
Semangkuk kwecap hangat (Foto: Instagram@Camerakuliner)

Hampir mirip seperti Kwe Kia Theng, orang Pontianak sering menganggap mereka seperti kakak beradik. Bedanya adalah Kwe Cap disajikan dengan kuah putih dilengkapi dengan minyak B2 dan bawang putih, membuatnya terasa segar. Dipadukan dengan kwetiau, kulit B2 yang nikmat, disertai dengan bakso ikan dan tahu isi daging.


4. Nasi Campur

Sepiring nasi campur khas Pontianak (Instagram/Meongculinary)
Sepiring nasi campur khas Pontianak (Foto: instagram@Meongculinary)


Buat penggemar nasi, tentu saja ada masakan nasi non-halal yang bisa bikin kamu klepek-klepek. Nasi Campur berisikan berbagai bagian B2, ayam, dan sayur-sayur lainnya. Selain itu, siraman kuah kental dan kuah coklat menjadi salah satu faktor makanan ini menjadi sangat nikmat. Banyak penjual Nasi Campur di sana. Kamu wajib mengeksplor semuanya untuk menentukan Nasi Campur mana yang cocok di lidahmu. (Nic)

Baca juga:

Menjaga Keuangan Tetap Aman di Masa Pandemi COVID-19

#Kuliner
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan