Indahnya Berpelukan Dapat Menyeimbangkan Sistem Saraf Berpelukan sangat menyehatkan bagi tubuh kamu (Foto: pixabay/free-photos)

PADA waktu-waktu tertentu kita membutuhkan pelukan dari seseorang. Apalagi jika tengah mengalami masalah dalam kehidupan. Pelukan dari orang-orang terdekat seperti orangtua, saudara maupun kekasih, faktanya bisa memberikan perasaan tenang dan membangkitkan semangat.

Namun tahukah kamu jika berpelukan pun memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan? Apalagi jika kamu melakukannya setiap sebelum melakukan aktivitas di pagi hari.

Baca Juga:

Kenali Hubungan Traveling dengan Kesehatan Jiwa

Nah berikut ini beberapa manfaat berpelukan bagi kesehatan seperti yang dilansir dari laman Go Dok.

1. Memicu Produktivitas Hormon Tubuh

Berpelukan bisa tingkatkan hormon penting bagi tubuh (Foto: Pixabay/Stocksnap)

Otoksin dan Serotonin merupakan 2 jenis hormon yang diproduksi oleh tubuh saat berpelukan. Otoksin ialah hormon yang dihasilkan di beberapa aliran darah, salah satunya bagian otak yang bernama hypothalamus. Sedangkan serotonin merupakan hormon yang diproduksi kelenjar pinealis, saluran pencernaan, sistem saraf pusat dan keping darah (trombosit). Kedua hormon itu sangat penting, lantaran bisa meningkatkan perasaan bahagia serta memperbaiki mood.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Berpelukan bisa tingkatkan sistem imun tubuh (Foto: pixabay/keithjj)

Selain bisa memperbaiki mood, berpelukan bisa meningkatkan sistem imun. Karena sentuhan lembut pada tulang dada, bisa menstimulus kelenjar timus yang mengatur produksi sel darah putih, berdampak positif bagi kesehatan tubuh kamu.

Baca Juga:

Awas! Penggunaan Ponsel Berlebih Bisa Berpengaruh Buruk Pada Postur Tubuh

3. Membuat Tubuh Lebih Rileks

Tubuh lebih rileks saat berpelukan (Foto: pixabay/pezibear)

Seperti halnya meditasi, pelukan pun berkhasiat untuk merelaksasi tubuh. Berpelukan membuat otot-otot tubuh yang tegang akan mengendur. Ini akan membuat kondisi mental dan jiwa membaik, lantaran kamu merasa mendapat dukungan dari orang-oran terdekat.

4. Menyeimbangkan Sistem Saraf

Sistem saraf pada tubuh lebih seimbang dengan berpelukan (Foto: pixabay/anemone123)

Pada tubuh manusia, terdapat 2 sistem saraf yang cara kerjanya berlawanan. Yakni saraf simpatis dan parasimpatis. Untuk mereka yang dilanda stres, sistem saraf simpatis bekerja secara terus menerus, hingga detak jantung kamu serta produksi hormon adrenalin meningkat. Nah untuk menyeimbangkannya, saraf para simpatis perlu terstimulus agar detak jantung dan produksi adrenaline kembali normal. Salah satu caranya ialah dengan berpelukan.

So, lantaran banyaknya manfaat yang bisa diambil, jangan ragu unntuk mengekspresikan rasa sayang dan kasih dengan orang-orang terdekat kamu dengan pelukan yah gengs! Tapi ingat jangan sembarangan memeluk orang! (ryn)

Baca Juga:

Kenali Waktu Terlarang Memakai Kacamata Hitam

Kredit : raden_yusuf


Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH