5 Makanan Khas Indonesia yang Telah Memiliki Reputasi di Dunia Makanan khas Indonesia terkenal di Dunia (Foto: Agoda)

KEKAYAAN alam Indonesia sangat banyak ragamnya, dari suku, budaya, daerah, baju adat, sampai rempah-rempah. Rempah yang ada itu bisa diolah menjadi berbagai macam jenis makanan yang menjadikannya makanan khas Indonesia.

Baca juga:

Kuliner dalam Bambu, Sajian Khas Nusantara

Tidak sedikit makanan Indonesia yang berhasil menembus pasar penjualan dunia, salah satunya adalah tempe. bukan hanya tempe yang berhasil mendapatkan reputasi dunia, masih ada beberapa makanan lain yang juga dirilik banyak orang di mancanegara. Merangkum berbagai sumber, yuk kita lihat ada makanan apa saja yang sudah mendunia!

1. Rendang

makanan khas indonesia rendang
Rendang adalah makanan posisi teratas di 50 makanan terlezat di dunia (Foto: beepdo)

Rendang adalah makanan khas Indonesia yang berasal dari Padang, Sumatera Barat. Rasa dari rendang yang lezat dan nikmat membuatnya memiliki posisi paling atas dari 50 makanan terlezat di dunia versi CNN Internasional 2011 lalu.

Rendang sendiri berasal dari daging sapi dengan rasa yang pedas dan menggunakan campuran rempah asli Indonesia. Bagi orang yang tidak bisa atau tidak suka makan pedas, sekarang rendang juga sudah ada yang tidak pedas.

2. Gado-Gado

gado gado atau salad with peanut sauce
Gado-gado adalah salad with peanut sauce menurut orang asing (Foto: resepkoki)

Di luar negeri ada makanan yang disebut dengan salad, begitu juga di Indonesia. Gado-gado merupakan saladnya orang Indonesia, yang berisikan bahan dasar sayuran dan termasuk dalam masakan tradisional.

Dalam satu porsi gado-gado terdapat banyak jenis sayuran yang direbus dan disajikan bersama dengan saus kacang ditambah juga lontong atau ketupat yang membuat perut kenyang.

Baca juga:

Beberapa Cemilan Khas Manado yang Wajib Kamu Coba

3. Sate

varian rasa sate di indonesia
Sate memiliki banyak varian dan memiliki cita rasa khas yang berbeda (Foto: dapurkobe)

Banyak macam untuk hidangan sate di Indonesia, termasuk sate Madura, sate Padang, dan masih banyak lagi. Sate pada awalnya menggunakan daging ayam, namun seiring waktu ada juga yamg menggunakan daging kambing, kelinci, bahkan ular. Manfaatnya juga berbeda-beda, di New York AS ada sebuah restoran yang bernama Satay Junction dan sangat berhasil untuk menarik pelanggan yang menyukai makanan khas Indonesia.

4. Soto

khas soto tiap daerah berbeda
Soto juga memiliki khas sendiri dan berasal dari beberapa daerah (Foto: masakapahariini)

Soto merupakan hidangan berkuah khas Indonesia berkuah yang juga banyak variannya. Ada soto Betawi, soto Lamongan, soto tangkar, soto ayam, soto sapi, dan lainnya.

Soto terbuat dari kaldu daging dan sayuran serta rempah yang begitu asli sehingga membuat makanan ini memiliki cita rasa sendiri.

Makanan ini sudah menjadi langganan di acara festival makanan Jepang dan diterima dengan baik oleh masyarakat Jepang.

5. Nasi goreng

nasi goreng makanan khas indonesia
Nasi goreng khas Indonesia berbeda karena rempah yang hanya dimiliki di tanah air (Foto: seriousetas)

Nasi goreng adalah makanan khas Indonesia yang juga dimiliki oleh negara lain. Namun yang membuatnya berbeda dengan negara lain, pada nasi goreng Indonesia adanya tambahan rempah asli Indonesia.

Menjadikan rasa makanan ini sangat spesial dan digemari banyak orang. Bahkan mantan Presiden Amerika Serikat ke-44, Barack Obama sangat terpukau dengan menu kuliner yang satu ini.

Baca juga:

Bosan Kue Kekinian, Kuy Cemal-Cemil Jajanan Pasar Ini!

Nah, itulah makanan khas Indonesia yang berhasil mendunia dan diterima dengan baik oleh masyarakat dunia. Makanan khas Indonesia apa sih yang jadi favoritmu? (Lio)


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH