Bosan Kue Kekinian, Kuy Cemal-Cemil Jajanan Pasar Ini! Macam jajanan pasar penggugah selera. (seruni.id)

BOSAN enggak sih dengan menjamurnya kue kekinian. Kue bermacam toping, warna-warni, berbentuk lucu, tapi terkadang terlalu hambar dan tekstur cenderung monoton di satu aspek. Coba deh melirik kue-kue tradisional atau biasa disebut jajanan pasar.

Banyak orang tanya, apa kue tradisional khas Indonesia? Apakah sulit menemukannya? Jawabannya, tidak! Mudah sekali menemukannya. Cukup pergi ke pasar tradisional. Di situlah tempat kue tradisional berada.

Indonesia punya beragam jajanan pasar. Beberapa kue bahkan sudah sulit ditemukan. Berikut jajanan pasar nan masih bertahan:

1. Klepon

klepon
Klepon berisi cairan gulan aren nan kenyal lagi nikmat. (caramembuat.id)

Kue tradisional ini berisi gula merah yang terbuat dari tepung beras ketan. Makanan ini masih menjadi incaran karna bentuknya yang khas bola-bola kecil warna hijau, terbuat dari campuran air daun suji sehingga memberikan aroma khas pada kue ini. Masih bisa ditemukan dengan mudah juga. Biasa dimakan secara langsung bulat-bulat untuk menikmati sensasi gula merah yang meleleh di mulut.

Baca juga:

Kue Tete, Street Food Paling Populer dari Ibu Kota

2. Onde-onde

onde-onde
Onde-onde si bulat berbalut wijen. (caramembuat.id)


Kue ini berasal dari Mojokerto, hingga saat ini masih populer dan mudah dicari. Awalnya kue ini diisi dengan kacang hijau. Namun, seiring berkembangnya zaman kue itu jadi banyak perubahan seperti diisi dengan keju, coklat, kacang merah, atau rasa lainnya.

3. Kue putu

Putu
Putih nan manis Kue Putu. (merahputih.com)


Kue ini identik dengan suara siulan nyaring yang menandakan bahwa sedang ada orang yang berjualan kue putu. Jajanan pasar ini terbuat dari tepung beras yang berisi gula merah serta ada parutan kelapa yang membuat kue ini semakin gurih dan sangat nikmat ketika hangat. Kue ini biasa ditemukan sore hingga malam hari loh jadi tidak usah bangun pagi pergi ke pasar untuk menikmati kue ini.

4. Kue lapis

kue lapis
Nikmat berlapis Kue Lapis. (caramembuat.id)


Sesuai dengan namanya, kue ini berlapis dengan warna berbeda yang membuat kue ini jadi cantik dan menggoda. Kue ini terbuat dari tepung beras, tepung kanji, santan, gula pasir, garam, dan pewarna makanan. Pewarna yang digunakan tentu aman sehingga tidak usah takut ketika melihat warnanya.

5. Lemper

Lemper
Kecil mengenyangkan Kue Lemper. (slerasa.com)


Jajanan yang satu ini terbuat dari ketan yang berisikan abon atau suwiran daging ayam dan dibungkus menggunakan daun pisang. Jajanan pasar yang ini berbeda dengan yang lain karena rasanya yang asin. Makanan ini juga mudah ditemukan dimana-mana. Selain lemper ada beberapa jenis jajanan lainnya yang rasanya asin.

Tidak hanya 5 itu saja, masih banyak jajanan lain yang tentu akan sangat menggoda seperti risol, kue cincin, putu ayu, serabi dan aneka jajanan lainnya. Yang mau cobain bisa langsung pergi ke pasar aja yuk! (Lio)


Tags Artikel Ini

Yudi Anugrah Nugroho

LAINNYA DARI MERAH PUTIH