5 Makanan dan Minuman Sehari-hari yang Menjadi Penyebab Jerawat Yuk kenali beberapa makanan sehari-hai yang menjadi penyebab jerawat (foto: pixabay/cordmediastuttgart)

JERAWAT merupakan masalah kulit sejuta umat yang tak terbantahkan. Betapa tidak, jerwat terbukti bisa menjangkit siapa saja. Dari mulai pria hingga wanti dari semua rentang usai.

Selain memicu rasa nyeri, jerwat juga bisa membuat kamu kehilangan rasa percaya diri. Jika sudah demikian, pastinya kamu akan kurang semangat dalam melakukan aktivitas sehari-sehari seperti sekolah maupun bekerja.

Baca Juga:

Ancaman Gangguan Kesehatan di Balik Bubble Tea

Timbulnya jerawat sendiri disebabkan oleh tersumbatnya pori-pori kulit oleh sebum atau minyak wajah. Pada jumlah yang normal, sebum sebenarnya berfungsi untuk melembabkan kulit secara alami, sekaligus melindunginya dari paparan sinar ultra violet.

Tapi saat diproduksi secara berlebihan, sebum bisa menutupi pori-pori wajah dan mengundang bakteri, seperti Propionibacterium dan Staphylococcus aureus untuk menginfeksi kulit. Alhasil timbulah peradangan pada permukaan kulit atau yang ebih dikenal dengan jerawat.

Memang selain lantaran produksi minyak berlebih, jerawat pun bisa dipicu oleh kurangnya perawat kulit muka. Tapi tahukah kamu jika jerawat juga bisa dipicu beberapa jenis makanan dan minuman.

Nah, seperti yang dilansir dari laman Go Dok, berikut ini deretan jenis makanan yang bisa memicu timbulnya jerawat.

1. Makanan Manis

Makanan manis bisa memicu timbulnya jerawat (Foto: pixabay/homemaker)

Tak banyak yang tahu jika makanan manis bisa menjadi salah satu makanan penyebab jerawat. Karena kudapan manis seperti es krim dan kue, mengandung gula dengan kadar yang cukup tinggi.

Karena itu, konsumsi makanan manis berlebihan bisa meningkatkan kadar insulin dalam darah. Hingga akhirnya bisa berimbas pada produksi berlebih hormon testosteron. Nah, perubahan jumlah hormon itulah yang akhirnya menyebabkan pori-pori mengeluarkan sebum dengan jumlah banyak, hingga memicu penyumbatan pori-pori.

2. Roti

Roti bisa meningkatkan peradangan sistematik yang memperburuk kondisi jerawat (Foto: pixabay/couleur)

Kendati tak memengaruhi jumlah sebum di wajah, tapi kandungan gluten pada roti terbukti bisa menyebabkan kerusakan pada usus kecil. Tak hanya itu, kandungan tersebut pun bisa meningkatkan peradangan sistematik yang bisa memperburuk kondisi jerawat.

Baca Juga:

Bawang Merah Hilangkan Bekas Jerawat

3. Susu

Susu bisa berpotensi menyumbat dan menghalangi pori-pori (Foto: pixabay/couleur)

Selain memicu peningkatan insulin, mengonsumsi susu ternya bisa mendorong pertumbuhan sel-sel kulit yang berpotensi menyumbat dan menghalangi pori-pori. Mungkin kalau tidak terlalu banyak mengonsumsi susu, jerawat bisa teratasi ya.

4. Coklat

Cokelat bisa memperlambat penyembuhan jerawat (Foto: pixabay/jillwellington)

Siapa sangka jika cokelat merupakan salah satu makanan penyebab jerawat. Hal itu karena senyawa yang terkandung dalam coklat dicurigai bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh terhadap mikroorganisme. Hasilnya, jerawat kamu akan susah sembuh, bahkan bisa mengalami peradangan lantaran tubuh kamu rentan terkena infeks bakteri. Sudah bikin gendut, jerawatan pula!


5. Keripik

Keripik salah satu makanan yang bisa menyebabkan jerawat (Foto: pixabay/fotorech)

Dalam satu bungkus keripik kentang favorit kamu, terkandung karbohidrat dan lemak dalam kadar yang cukup tinggi. Karena itu tak heran jika keripik kentang kemudia dicurigai sebagai salah satu makanan penyebab jerawat. Betapa tidak selain kandungan lemaknya yang dapat meningkatkan jumlah sebum wajah, karbohidrat dalam keripik kentang juga terbukti bisa memicu kenaikan insulin. Alhasil, kamu akan lebih rentan mengalami peradangan sistemik.

Nah itu dia gengs beberapa makanan dan minuman yang bisa memicu jerawat. Apakah salah satunya merupakan makanan atau minuman favorit kamu?.(ryn)

Baca Juga:

3 Cara Alami Tangkal Jerawat dengan Buah Pepaya

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH