5 Kolaborasi Sukses Artis K-pop dengan Musisi Internasional Mendunia, 5 artis K-pop ini sukses berkolaborasi dengan artis internasional (Foto: Rolling Stone)

SEPERTI virus yang mewabah ke seluruh dunia. Bukan hanya di Indonesia, musik K-pop berhasil menarik perhatian khalayak seantero jagad. Tak heran banyak musisi terkenal barat yang juga kepincut daya tarik musik yang berasal dari Korea tersebut. Melihat pasar yang begitu besar, beberapa musisi besar barat bahkan sampai melakukan kolaborasi dengan K-pop idol.

Sesuai prediksi, kolaborasi antara musisi barat dan K-pop pun berhasil menarik lebih banyak perhatian dunia. Dari disc jockey (DJ) sampai penyanyi solo, perempuan maupun laki-laki, berikut lima kolaborasi yang berhasil dan jadi populer di seluruh dunia.

Baca juga:

Lagi, BTS Berkolaborasi dengan Musisi Internasional. Siapa Ya?

1. BTS ft. Steve Aoki dan BTS ft. Halsey

Bangtan Boys (BTS) yang beranggotakan tujuh orang ini telah membuat dua kolaborasi. Kolaborasi yang pertama yaitu lagu berjudul Mic Drop. Kolaborasi ini dibuat bersama DJ Steve Aoki.

Lagu Mic Drop dirilis 24 November 2017 di akun YouTube ibighit. Lagu itu sendiri pada awalnya sudah dirilis oleh BTS pada 18 September 2017. Namun lagu tersebut di remix oleh Steve Aoki dan menjadi semakin terkenal, hingga ditonton lebih dari 547 juta kali di YouTube.

Kemudian pada 12 April 2019, BTS kembali menghasilkan kolaborasi baru dengan penyanyi Halsey. Kolaborasi kedua BTS ini berjudul Boy With Luv.

Lagu ini menghantarkan BTS meraih penghargaan di acara Teen Choice Award. Tak kalah populer dengan kolaborasi sebelumnya, video untuk lagu BTS ft. Halsey telah ditonton lebih dari 520 juta kali di YouTube.

2. Blackpink ft. Dua Lipa

Girlband asal Korea Selatan ini sempat menggemparkan dunia musik dengan melakukan kolaborasi bersama Dua Lipa. Lagu berjudul Kiss and Make Up dirilis pada 18 Oktober 2018.

Ada dua bahasa dalam lirik lagu ini, bahasa Inggris dan bahasa Korea. Melihat ketenaran Blackpink di dunia musik internasional akhir-akhir ini, nampaknya akan ada lagi kolaborasi lain dengan artis ternama kedepannya. Meski cuma video lirik, lagu Kiss and Make Up telah ditonton lebih dari 118 juta kali di YouTube.

Baca juga:

Jason Derulo, Lay EXO, dan NCT 127 Berkolaborasi dalam Lagu untuk Mengenang Michael Jackson

3. G-Dragon ft. Skrillex & CL

Dua penyanyi asal korea yang berada dalam satu agensi ini, terpilih menjadi dua musisi yang beruntung karena dapat berkolaborasi dengan DJ yang terkenal dengan musik dubstep, Skrillex.

Lagu ini dirilis 18 Desember 2014 dengan judul Dirty Vibe. Hingga saat ini, video musik untuk lagu tersebut telah ditonton lebih dari 54 juta kali di YouTube.

4. Wendy 'Red Velvet' ft. John Legend

Salah satu anggota girlband 'Red Velvet', Wendy, merilis lagu dengan judul Written In The Stars. Lagu ini merupakan lagu kolaborasinya dengan penyanyi kenamaan asal Amerika, John Legend. Lagu ini dirilis pada 19 Oktober 2018 dan sudah ditonton lebih dari 10 juta kali di YouTube.

5. Lay “EXO” ft. DJ Alan Walker

Anggota boy group 'EXO' juga menghasilkan sebuah lagu yang berkolaborasi dengan musisi Hollywood. Lagu yang berjudul Sheep telah dirilis 31 Agustus 2018. Hingga saat ini, video musik untuk lagu tersebut sudah di putar hampir 18 juta kali di YouTube. (sep)

Baca juga:

WOW! Rossa Akan Berkolaborasi dengan Leeteuk Super Junior



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH