Kuliner

5 Jajanan SD dengan Kombinasi Telur, Kuliner Khas Negeri Aing

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Selasa, 19 Januari 2021
5 Jajanan SD dengan Kombinasi Telur, Kuliner Khas Negeri Aing
Kuliner khas negeri aing. (Foto: Instagram@gulungbersih)

SIAPA sih yang enggak suka telur? Kelezatan telur memang tidak bisa dipungkiri. Selain harganya yang murah, jajanan ini mudah didapatkan. Tak heran, beberapa jenis makanan pun menggunakan bahan dasar telur, seperti kue, martabak, hingga bakso.

Telur yang digunakan pun bervariasi, ada yang berasal dari ayam, bebek, dan jenis-jenis burung lainnya. Para pedagang kaki lima pun memanfaatkan telur sebagai olahan makanan yang umumnya kita namakan sebagai jajanan SD. Berikut kuliner khas negeri aing yang pastinya bikin kamu ngiler.

Baca juga:

Jajanan SD di Negeri Aing Nikmat dan Bikin Ketagihan, Tapi...

1. Telur gulung

5 Jajanan SD dengan Kombinasi Telur, Kuliner Khas Negeri Aing
Anak SD hingga orang dewasa menyukai telur gulung. (Foto: Instagram@aninskitchen2020)

Coba tebak, di mana lagi kita bisa menemukan telur yang digulung? Pada umumnya, telur dikonsumsi yang sebagaimana mestinya, seperti telur rebus, ceplok, atau dadar. Makanan khas yang sudah menjadi legenda ini pasti pernah kamu cicipi ketika pulang sekolah, bukan?

Proses pembuatannya pun cukup mudah, kamu hanya perlu menyiapkan telur, minyak, wajan, dan tusuk lidi. Tuang minyak sekitar tiga perempat dari wajan kemudian panaskan. Pecahkan satu butir telur lalu kocok bersama penyedap andalanmu. Kocok hingga sedikit berbusa, lalu tuang telur menggunakan sendok makan.

Sekitar 10 detik, gulung telur yang ada di wajan menggunakan tusuk lidi. Nah di bagian ini susah-susah gampang, kalau masih belum bisa digulung artinya minyak masih kurang panas.

2. Cilung

5 Jajanan SD dengan Kombinasi Telur, Kuliner Khas Negeri Aing
Aci dan telur, jajanan yang legenda. (Foto Instagram@noveradikma)


Cilung adalah jajanan yang berasal dari wilayah Jawa Barat. Namanya berasal dari singkatan Aci Digulung yang terbuat dari tepung tapioka yang digulung saat digoreng. Biasanya jajanan ini disajikan dengan bumbu bawang yang digoreng dan dihaluskan. Agar semakin lezat, cilung juga bisa dikombinasikan dengan telur.

Caranya cukup mudah, kamu cukup menyiapkan tepung tapioka, air, telur, minyak goreng, garam, dan lada bubuk. Campurkan tepung tapioka ke dalam air kemudian bumbui dengan garam dan lada bubuk, aduk rata. Tuangkan satu sendok makan kocokan telur dan satu sendok makan tapioka yang sudah dicairkan tadi ke dalam wajan.

Tunggu hingga matang lalu gulung dengan tusukan sate. Terakhir, bumbui dengan bumbu racikan atau saus sesuai selera.

3. Martabak mi

5 Jajanan SD dengan Kombinasi Telur, Kuliner Khas Negeri Aing
Martabak mi paling lezat jika ditemani saus dan selada. (Foto: Instagram@resepmasakhariini)


Buat kamu yang suka makan mi dan telur, kombinasi martabak mi telur tidak perlu diragukan lain. Cita rasanya yang gurih dan nikmat tidak hanya diburu oleh anak-anak SD, melainkan juga orang dewasa. Kamu juga bisa membuat martabak mi ini sebagai camilan di rumah lho.

Siapkan jenis mi instan yang kamu sukai, telur ayam, margarin, minyak goreng, dan irisan daun bawang. Langkah pertama, kamu harus merebus mi instannya terlebih dahulu. Sambil menunggu, pecahkan telur lalu masukkan bumbu mi instan beserta irisan daung bawang, aduk hingga rata. Angkat mi instan tadi, lalu tiriskan.

Masukkan mi instan ke dalam campuran telur dan bumbu tadi, lalu kocok dan pastikan seluruh mi terlumuri oleh telur. Panaskan minyak goreng secukupnya lalu tuang seluruh campuran mi dan telur. Ketika sudah matang angkat dari wajan, dan martabak mi siap temanimu menonton Netflix.

Baca juga:

Menikmati 'Floating Breakfast' dan 'Waterboom' di Tengah Banjir

4. Bitel (Bihun telur)

5 Jajanan SD dengan Kombinasi Telur, Kuliner Khas Negeri Aing
Merupakan kombinasi bihun rebus dan telur gulung. (Foto: Instagram@tumbarmerica)

Jajanan ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan telur gulung, yang membedakan hanya isinya saja. Selain bihun telur, jajanan yang biasanya dikombinasikan dengan telur gulung adalah sosis. Jajanan ini terbuat dari bihun yang diseduh kemudian dililit menggunakan batang lidi.

Pertama-tama, kamu harus merebus bihunnya terlebih dahulu. Setelah ditiriskan dan airnya dibuang, panaskan minyak goreng. Tuang kocokan telur, lalu masukkan bihun. Kemudian putar-putar menggunakan batang lidi tadi.

5. Maklor (Makaroni telur)

5 Jajanan SD dengan Kombinasi Telur, Kuliner Khas Negeri Aing
Harganya murah dan mudah didapatkan. (Foto: Instagram@seblak_kuy17)


Sesuai dengan namanya, jajanan SD ini merupakan singkatan dari makaroni dan telur. Biasanya dikombinasikan dengan berbagai bumbu bubuk khas pedagang kaki lima. Cara pembuatannya juga gampang kok.

Siapkan makaroni, telur, garam, dan bumbu racikanmu. Rebus makaroni sampai empuk kurang lebih lima sampai tujuh menit. Tambahkan sedikit minyak agar tidak mudah lengket di wajan. Kocok telur, masukkan makaroni yang sudah matang ke kocokan telur. Masak hingga matang, setelah itu sajikan dengan racikan bumb andalanmu. (and)

Baca juga:

Hanya Cewek Indonesia yang Auto Enggak Jadi Ngambek Jika Sudah Diajak Pelesiran Beli Seblak

#Januari Pelesiran Di Negeri Aing #Jajanan Murah Meriah #Kuliner
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan