5 Hal yang Sering Dikhawatirkan Pengemudi Saat Berkendara Ke Luar Kota Jangan Takut dan Panik Ketika Kamu Mengalami Hal Ini (Foto: Pexels/Peter Fazekas)

MENGENDARAI mobil, apalagi ke luar kota saat musim liburan, membutuhkan apa yang sering dikatakan dengan feeling dari sang pengemudi. Pengalaman tersebut umumnya akan dimiliki oleh pengemudi saat sering melakukannya.

Jika kamu ingin menyetir ke luar kota banyak hal yang perlu diperhatikan oleh pengemudi, selain faktor teknis seperti bensin atau ban cadangan, faktor fisik juga harus diperhatikan. Apakah pengemudi cukup tidur untuk melakukan perjalanan jauh? atau hal lain seperti perut yang harus terisi agar tetap terjaga di jalan.

Baca juga:

Inilah yang Kamu Butuhkan ketika Mengemudi Jarak Jauh

Beberapa hal di atas mungkin saja terjadi, dan rata-rata pengendara akan merasa khawatir ketika berkendara ke luar kota karena hal tersebut. Melansir laman The Travel, berikut lima hal yang kerap membuat pengendara khawatir saat berkendara jauh atau ke luar kota.

1. Antrian kendaraan atau macet parah

5 Hal yang Sering Dikhawatirkan Pengemudi Saat Berkendara Ke Luar Kota
Jalan yang Macet, Bisa Bikin Bensin Cepat Habis (Foto: Pexels/Life of Pix)

Saat kamu berkendara jauh ke daerah pelosok, mungkin kamu tidak akan terkena macet. Namun, jika kamu pergi ke luar kota, antrian kendaraan atau macet biasanya akan terjadi, apalagi jika kamu ingin ke luar kota pada saat musim liburan. Bisa jadi kamu adalah salah satu pengendara yang khawatir dan lebih memilih melakukan perjalanan pada dini hari.

Solusinya, cobalah untuk menghindari jalan besar, dan cek di media sosial resmi kepolisian untuk mencari tahu apakah jalur yang akan kamu lalui sedang padat atau lengang. Jangan lupa untuk mengisi penuh bensin, jika terjadi macet di jalan tol, kamu tidak perlu khawatir lagi.

2. Salah Jalan

5 Hal yang Sering Dikhawatirkan Pengemudi Saat Berkendara Ke Luar Kota
GPS Kadang Bikin Perjalanan Makin Lama Karena Salah Jalan (Foto: Pexels/Jiarong Deng)

Memakai aplikasi penunjuk jalan terkadang akan membuatmu pusing jika kamu tidak tahu kemana kamu akan pergi. Apalagi jika jaringan sedang tidak bersahabat. Aplikasi penunjuk jalan mungkin tidak bisa kamu andalkan.

Solusinya, cobalah untuk melihat tanda jalan kemana kamu akan pergi. Atau mungkin membeli pamflet peta sebelum berpergian.

Baca juga:

5 Selebritas Ternama Dunia Ini Ternyata Tidak Bisa Mengemudikan Mobil

3. Pengemudi Lain yang Tidak Tahu Aturan

5 Hal yang Sering Dikhawatirkan Pengemudi Saat Berkendara Ke Luar Kota
Pengendara yang Kebut-Kebutan di Jalan (Foto: Pexels/Taras Makarenko)

Dari kebut-kebutan hingga tidak memakai lampu sein dan klakson secara semestinya, pengendara seperti ini mungkin akan kamu hadapi selama perjalanan.

Ketika kamu menghadapi pengendara seperti ini, cobalah untuk menahan emosi kamu dan biarkan pengendara ini melaju lebih dulu.

Jika pengendara yang tidak tahu aturan ini melanggar lalu lintas ataupun melakukan tindak kriminal, kamu bisa mencoba untuk melaporkannya kepada polisi.

4. Cuaca yang Buruk

5 Hal yang Sering Dikhawatirkan Pengemudi Saat Berkendara Ke Luar Kota
Hati-Hati Berkendara Saat Hujan (Foto: Pexels/Josh Hild)

Suasana seperti hujan dan banjir juga bisa kamu alami jika kamu berkendara ke luar kota. Faktanya, berkendara pada cuaca buruk memiliki resiko kecelakaan lebih tinggi.

Tentunya kamu harus hati-hati dalam berkendara ketika cuaca sedang tidak bersahabat. Jangan lupa untuk mengecek kendaraan sebelum berpergian dan pastikan kamu membawa peralatan darurat jika kamu mengalami kecelakaan.

5. Ditilang Polisi

5 Hal yang Sering Dikhawatirkan Pengemudi Saat Berkendara Ke Luar Kota
Ditilang Polisi, Ngurusnya Ribet Banget (Foto: Pexels/Daria Sannikova)

Ditilang polisi akan merepotkan. Apalagi jika di luar kota, untuk mengurusnya harus di kota tempat kamu berada. Membayar tilang menggunakan pembayaran elektronik membuatmu harus membayar dengan denda maksimal.

Cobalah untuk menaati aturan ketika kamu sedang di luar kota. Memakai atribut yang lengkap, dan tidak ugal-ugalan ketika berkendara. (dnz)

Baca juga:

Artis pun Tak Kebal Hukum, Langgar Lalin Ditilang


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH