5 Hal yang Baik untuk Jadi Bahasan Walaupun Bertengkar Jangan sampai jadi bom waktu, komunikasikan dengan baik. (Foto: Pexels/Filipi Escudine)

PERDEBATAN dalam sebuah hubungan, sangat wajar terjadi. Tidak hanya saat pacaran saja, orang yang sudah menikah juga sering mengalami perdebatan yang mungkin bisa lebih sulit dan lebih banyak masalah dibanding saat pacaran.

Banyak orang yang menghindari pertengkaran dengan alasan tidak ingin hubungan rusak karena bertengkar. Namun ada beberapa hal yang baik untuk dibahas meskipun mungkin pada akhirnya akan bertengkar.


Baca Juga:

Cinta Itu Nyata! Buktinya Ada di 5 Kisah Mengharukan Ini

Berbeda apabila keduanya hanya diam dan memendam emosi dengan iming-iming tidak ingin berantem. Ini sama saja dengan bom waktu! Hanya menunggu kapan waktu yang tepat ketika keduanya akan meledak dengan emosi dan perasaan yang terpendam.

1. Cara mengatur keuangan

relasi
Terbukalah dalam mengatur uang. (Foto: Unsplash/bady qb)

Bukan hanya karakter, cara mengatur keuangan baik pemasukan atau pengeluaran uang pada masing-masing orang berbeda. Perempuan cenderung menggunakannya untuk belanja dan makanan, sementara pria untuk makanan saja. Akan lebih baik apabila pasangan bisa membicarakan semuanya secara terbuka mengenai apa kebutuhan utama, dan di pos-pos kan agar tidak terjadi over budget.

2. Ungkapan marah

relasi
Pahamilah karakter masing-masing. (Foto: Pixabay/Publidomainpictures)


Demikian juga dengan ekspresi kemarahan seseorang berbeda-beda. Ada yang meledak-ledak, nangis, diam, atau lainnya. Ada baiknya jika sebagai pasangan saling membahas keinginan masing-masing ketika sedang marah. Mungkin bisa saling memberi jarak atau saling berkomunikasi atau apapun yang bisa memberikan waktu untuk meredam emosi dan tidak jadi semakin besar.


3. Peran keluarga dalam hubungan

realsi
Jangan sampai keluarga ikut masuk dalam urusan rumah tangga. (Foto: Pexels/Lisa Fotios)

Tak sedikit pasangan yang merasa terganggu ketika pihak keluarga ada yang ikut campur dalam urusan rumah tangga. Akan lebih baik bila salah satu merasa seperti itu bicarakan dan cari jalan keluarnya bersama. Dibandingkan harus memendam emosi dan pada akhirnya akan meledak dengan sendirinya, akan lebih baik apabila membicarakannya berdua.

Baca Juga:

Jomlo? Ini Tips Dapatkan Pasangan dengan Cepat Menjelang Hari Valentine

4. Pembagian pekerjaan rumah

relasi
Bagilah pekerjaan rumah secara adil. (Foto: Pixabay/pascalhelmer)

Pada dasarnya banyak orang beranggapan bahwa suami kerja cari uang dan istri mengurus pekerjaan rumah. Jangan salah, pekerjaan rumah adalah kegiatan yang mungkin bisa mempererat hubunganmu loh! Dengan membersihkan rumah bersama bisa sambil bernostalgia tentang apa saja yang sudah dilalui bersama. Bagilah tugas untuk membereskan rumah bersama pada akhir pekan, jangan bebankan semua urusan rumah tangga pada istri. Bantulah agar dia senantiasa bisa melayanimu dengan lebih baik lagi.


5. Hubungan intim

relasi
Komunikasikan dalam melakukan hubungan intim, (Foto: Pixabay/Free-Photos3)

Keinginan dan kebutuhan hubungan intim tiap orang juga berbeda. Hal satu ini juga harus jadi diskusi diantara suami-istri. Hubungan intim adalah salah satu cara untuk menjaga hubungan tetap harmonis. Bicarakanlah kebutuhan dan keinginanmu dan dia. Apabila hubungan intim sudah bermasalah bisa berakibat pada perselingkuhan. Oleh karena itu bicarakanlah dengan terbuka.

Komunikasi pada dasarnya adalah kunci dari hubungan yang awet dan harmonis. Bicarakan apapun yang mengganjal dari dirimu atau dirinya. Perdebatan bukanlah akhir dari segalanya atau harus dihindari, namun bisa jadi salah satu cara juga agar hubunganmu tetap kuat dan awet. (lio)


Baca Juga:

Harus Bisa Peka, 5 Bahasa Cinta Ini Wajib Kamu Ketahui



Paksi Suryo Raharjo