4 Pilihan Vitamin Bikin Kuku Sehat Kesehatan dan keindahan kuku butuh vitamin pedukung. (Foto: Unsplash/Rune Enstad)

PERTUMBUHAN dan kesehatan kuku sangat bergantung dapat dipengaruhi dari berapa seringnya mengkonsumsi beberapa vitamin. Mudah patah, rapuh, atau sulit tumbuh adalah akibat yang bisa terjadi karena kekurangan salah satu vitamin.

Dilansir dari Alodokter, beberapa vitamin ini yang dibutuhkan agar memiliki kuku yang sehat dan tampak indah.

Baca Juga:

Mikro Mineral, Jumlah Kecil Manfaat Besar


Biotin

kuku
Berguna memicu produksi asam amino (Foto: Pixabay/Counselling)

Dikenal dengan isitilah lain yaitu vitamin B7, bermanfaat dalam pertumbuhan kuku dan rambut. Biotin berguna untuk memicu produksi asam amino yang dikenal sebagai bagian dasar kuku untuk bertumbuh. Tak heran jika biotin bermanfaat baik untuk mencegah kuku patah atau rapuh. Manfaat dari vitamin B7 didapat dengan mengonsumsi kuning telur, jamur, oat, dan gandum.

Vitamin B9 dan B12

kuku
Bermanfaat memelihara kesehatan kuku (Foto: Pixabay/Kaedesis)

Vitamin B9 dan B12 juga dipercaya memiliki manfaat untuk memelihara kesehatan kuku. Risiko kuku rapuh dan bercak-bercak kecoklatan atau biru kehitaman merupakan tanda kekurangan vitamin B9 dan B12. Vitamin B9 dan B12 dapat membantu penyerapan zat besi dan produksi sel darah merah, yang mendukung penyebaran nutrisi dan oksigen hingga ke kuku. Makanan daging sapi, ayam, ikan, dan susu dapat mencukupi kebutuhan vitamin B12. Untuk vitamin B9 bisa didapat melalui sayuran hijau, jeruk, lemon, jeruk nipis, kacang-kacangan, dan alpukat.

Baca Juga:

Beberapa Pilihan Menu Bekal Sehat yang Cocok untuk Ngantor

Vitamin C

kuku
Butuh asupan saruan dan buahan (Foto: Unsplash/ian dooley)

Juga dikenal dengan asam askorbat, vitamin C selain bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko penyakit jantung, ternyata berguna juga untuk menjaga kesehatan kuku. Merupakan antioksidan yang berperan dalam produksi kolagen yang adalah protein pembentuk kuku. Kolagen berguna menjaga kekuatan kuku. Kekurangan vitamin C dan produksi kolagen akann mengakibatkan kuku rapuh dan lambat pertumbuhannya. Jangan lupa mengonsumsi sayuran dan buah, seperti jeruk, stroberi, kiwi, tomat, dan sayuran hijau untuk memenuhi kebutuhan vitamin C.


Vitamin E

kuku
Mengandung antiokisdan. (Foto: Unsplash/Billie)

Terkandungan antioksidan yang berguna untuk menekan kerusakan kuku akibat paparan sinar ultraviolet. Juga dapat mengatasi kuku yang patah dan rapuh, berkat kemampuannya untuk melembabkan kuku. Manfaat vitamin E bisa mudah didapat dengan mengonsumsi alpukat, minyak zaitun, dan bibit gandum. (lgi)


Baca Juga:

Ini Waktu yang Dibutuhkan Kulit untuk Melihat Efek Skincare

Kredit : leonard


Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH