Ini Waktu yang Dibutuhkan Kulit untuk Melihat Efek Skincare Inilah waktu yang dibutuhkan kulit untuk memperlihatkan perubahannya saat pakai skincare (Sumber: Gal Meet Glam)

CANTIK butuh proses. Namun tak semua orang sabar menantikan transformasi dirinya menjadi cantik. Apalagi jika kita sudah berusaha keras menggunakan berbagai produk skin care. Mengaplikasikan perawatan anti penuaan pada satu malam tidak akan membuatmu terlihat 10 tahun lebih muda. Terlepas dari apapun klaim yang tertulis di produk tersebut.

Guna mengetahui berapa lama kamu harus menggunakan produk sebelum mulai melihat hasilnya, para dokter kulit memberi tahu secara umum. Menurut mereka, perubahan paling cepat kerja produk skincare yakni satu bulan. Jika kamu melakukan serangkaian perawatan kulit setidaknya membutuhkan tiga bulan untuk mengukur efektivitasnya.

Baca juga:

Mau Tubuh Bugar saat Pesta Pernikahan? Yuk Mampir Dulu Ke Acqua Spa

"Epidermis (lapisan kulit atas) membutuhkan waktu 30 hari untuk pergantian satu kali," ujar Ahli Bedah Kosmetik, Dr. Melanie Palm seperti dilansir dari The Independent.

Sementara waktu ideal untuk melihat efek suatu produk, ia merekomendasikan kita untuk menunggu selama tiga bulan. "Untuk melihat hasilnya membutuhkan tiga siklus pergantian epidermis di mana masing-masing siklus membutuhkan waktu sebulan," lanjutnya.

Skin care
Perubahan pada epidermis terjadi tiap sebulan sekali (Sumber: Dean Drobot)

Sementara ahli dermatologi lainnya, Dr. Michele Farber mengatakan bahwa hal serupa juga berlaku bagi perawatan kulit yang lebih spesifik seperti obat jerawat. "Penting untuk memberi waktu bagi obat jerawat untuk bekerja secara maksimal. Meskipun tanpa resep, perlu waktu untuk mempengaruhi cara kulit tumbuh dan akan memakan waktu beberapa minggu," jelasnya.

Sementara, waktu yang kita butuhkan untuk melihat hasil suatu produk terhadap permasalahan kulit yang lebih spesifik, misalnya masalah pigmentasi atau garis-garis halus di wajah adalah selama 12 minggu atau lebih.

Baca juga:

Noda Ekstrinsik dan Intrinsik, Penyebab Gigi Kuning

"Dalam jangka pendek, kita mungkin bisa melihat kekusaman di kulit berkurang, kulit terhidrasi dengan baik, atau permukaan wajah lebih halus tetapi ketika menyangkut perbaikan pada garis-garis halus dan pigmentasi membutuhkan waktu lebih lama," demikian rincian yang disampaikan oleh ahli dermatologi bersertifikat, Jennnifer Chwalek.

Supaya rutinitas perawatan kulit menjadi efektif, kita harus tahu bagaimana masing-masing produk berinteraksi satu sama lain. Mungkin saja komposisi dalam satu produk akan bereaksi negatif jika terpapar produk dengan komposisi tertentu. (Avia)

Baca juga:

Jangan Percaya, Anggapan Tentang 'Fast Food' Ini Hanya Mitos

Kredit : iftinavia


Iftinavia Pradinantia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH