4 Kriteria Daging Aman untuk Dikonsumsi

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Kamis, 18 Mei 2023
4 Kriteria Daging Aman untuk Dikonsumsi
Ketahui daging yang baik untuk dikonsumsi. (Foto: Unsplash/Eiliv Aceron)

PARA pencinta daging merapat! Ada beberapa kriteria daging yang aman dikonsumsi mulai dari warna, tekstur, bau, hingga tampilannya. Hal ini penting untuk diketahui agar terhindar dari keracunan makanan maupun penyakit yang menular melalui makanan.

Daging merupakan salah satu sumber protein hewani, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun, daging juga menjadi salah satu makanan yang berpotensi membawa penyakit menular dan membahayakan kesehatan nmanusia apabila sudah terkontaminasi bakteri.

Berikut empat kriteria daging yang aman untuk dikonsumsi, seperti dilansir Alodokter.

Baca juga:

Harus Tahu Cara Mengolah Daging Sapi yang Baik dan Benar

4 Kriteria Daging Aman untuk Dikonsumsi
Cara paling mudah untuk mengetahui kualitas daging yang baik adalah mengetahui kesegaran dari warnanya. (Foto: Unsplash/Kyle Mackie)


1. Tidak pucat atau kehitaman

Cara paling mudah untuk mengetahui kualitas daging yang baik adalah mengetahui kesegaran dari warnanya. Daging sapi, kambing, atau kerbau yang segar biasanya berwarna merah, tidak pucat, dan tidak kotor.

Untuk daging ayam, bebek, atau unggas lainnya, daging dan lemaknya perlu dipastikan berwarna putih kemerahan dan serabut daging relatif halus. Untuk daging babi, daging harus berwarna merah jambu tua dan terdapat lemak yang keras berwarna putih.

2. Teksturnya kenyal

Kriteria daging yang aman dikonsumsi juga bisa dilihat dari teksturnya. Semua daging segar, baik daging sapi, kerbau, unggas, ikan, atau babi, harus memiliki tekstur yang terasa kenyal dan tidak berlendir.

Untuk mengenalinya, kamu bisa menekan perlahan daging yang akan dibeli menggunakan jari. Jika daging kembali ke posisi semula setelah jari Anda diangkat, berarti daging tersebut masih baru dan segar.

Baca Juga:

Berbagai Bahan Alami untuk Naikkan Kelas Olahan Daging Kambing

4 Kriteria Daging Aman untuk Dikonsumsi
Tidak berbau busuk. (Foto: Unsplash/Eiliv Aceron)


3. Tidak berbau busuk

Sesuai namanya, daging segar adalah daging yang memiliki aroma atau bau yang segar pula. Berbeda jenis daging, berbeda pula ciri khas baunya. Kriteria daging yang aman dikonsumsi bisa Anda kenali dengan menghindari daging yang berbau menyengat, tengik, amis, atau asam.

4. Tidak benyek atau berair

Secara umum, daging memiliki permukaan yang relatif kering, sehingga bisa menahan pertumbuhan bakteri dari luar. Jika daging berair, cairan ini bisa menyebabkan pertumbuhan bakteri atau mungkin daging sudah terpapar bakteri.

Kmu mungkin sering melihat cairan berwarna merah mirip darah pada daging. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Cairan itu bukanlah darah, melainkan “sari” daging tersebut. Jadi, daging yang tidak berair merupakan kriteria daging yang aman dikonsumsi. (and)

Baca Juga:

Kenali Cara Mengolah dan Manfaat Daging Kambing Bagi Kesehatan

#Makanan #Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan