Kecantikan

4 Kesalahan Umum saat Makeup

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Senin, 07 November 2022
4 Kesalahan Umum saat Makeup
Untuk mendapatkan makeup yang sempurna kamu harus merawat kulit terlebih dulu. (Foto: freepik/Kamran Atdinov)

PARA pemula kerap melakukan kesalahan saat pertama kali melakukan makeup. Paling umum saat mengaplikasikan foundation salah warna, kulit wajah jadi lebih terang dibandingkan leher maupun tangan. Alhasil, warna kulit kamu yang seharusnya bisa terlihat lebih cantik malah jadi belang.

Makeup memang terlihat sederhana. Namun, apabila kamu tidak menguasai pemakaian setiap alat makeup, kamu tidak akan bisa mendapatkan hasil sempurna pada wajah kamu. Nah, ada beberapa kesalahan umum saat makeup yang harus kamu hindari menurut laman maybelline, misalnya:

1. Tidak mempersiapkan wajah dengan skincare

Agar riasan wajah tampil dengan sempurna, langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah mempersiapkan kulit wajah dengan mengaplikasikan skincare terlebih dahulu. Penggunaan skincare sangatlah penting untuk membuat kulit menjadi lebih sehat dan lembap dengan menggunakan moisturizer.

Selain itu, kamu juga dapat menggunakan primer untuk menutup pori-pori yang terbuka, sehingga riasan dapat bertahan lama.

Baca Juga:

Marak di Tiktok, Tren 'Crying Makeup' yang Unik dan Imut

Gunakan concealer secukupnya agar bentuk wajahmu terlihat sempurna. (Foto: freepik/valuavitaly)


2. Menggunakan formula dan warna foundation yang salah

Seiring bertambahnya usia, riasanmu juga harus ikut berkembang. Hal itu terjadi karena adanya penuaan yang menyebabkan kulit wajah menjadi lebih kering. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu memilih formula yang tepat untuk kebutuhan kulitmu agar pengaplikasiannya tetap terlihat halus dan tidak bergaris.

Baca Juga:

6 Looks Makeup Wardah x Wearing Klamby di London Fashion Week 2022

Selain itu, hal penting lainnya adalah memilih warna foundation yang tepat. Kamu dapat menyesuaikan berdasarkan warna undertone atau dengan mengoleskannya pada sisi dagu. Pilihlah warna foundation yang memiliki satu tingkat lebih terang dari warna kulitmu, sehingga tidak terlihat kusam.

3. Menerapkan terlalu banyak concealer

Salah satu permasalahan yang umumnya terjadi pada orang-orang suka begadang adalah memiliki kantung mata yang sangat gelap dan hitam. Oleh sebab itu, kamu perlu riasan ekstra untuk menghilangkan mereka dengan menggunakan concealer.

Pilihlah warna eyeshadow yang nutural bagi kamu para pemula. (Foto: freepik/valuavitaly)


Namun, yang sering terjadi terkadang kamu mengaplikasikannya terlalu berlebihan. Alhasil, bukannya samaran yang kamu dapatkan, melainkan menonjolkan sebuah kerutan atau garis yang mengganggu. Maka dari itu, gunakan concealer seperlunya saja.

4. Eyeshadow yang berlebihan

Riasan mata menjadi hal yang paling sulit dilakukan oleh para pemula, karena mereka cenderung ingin mencoba berbagai formula dengan mencampurkan berbagai warna. Cara aman yang dapat kamu lakukan adalah dengan memilih warna-warna yang natural seperti cokelat dan nude. Selain itu, kamu dapat menambahkan eyeliner dan maskara untuk mempertegas bentuk matamu. (nbl)

Baca Juga:

5 Tren Kecantikan Populer di London Fashion Week 2022

#Kecantikan
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan