4 Candi Asia Tenggara yang Merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO Candi My Son Sanctuary di Vietnam (Foto: Instagram/@ibretadedestinos)

BERBICARA mengenai candi tentu kamu bisa belajar sejarah serta budayanya. Karena kebanyakan candi itu sendiri memang sudah berumur uzur serta terdapat berbagai cerita di balik keindahannya.

Nah, apakah kamu sudah tahu kalau di Asia Tenggara terdapat beberapa pilihan candi indah serta memilki dampak cukup signifikan di bidang pariwisata? Bahkan, keberadaan candi-candi kuno ini sudah menjadi pusat perhatian dunia sejak lama.

Baca juga:

Candi Lawang, Tempat Wisata Sambil Belajar Sejarah

Lebih menariknya lagi, 4 candi ini sudah menjadi situs warisan dunia UNESCO. Candi Borobudur di Indonesia menjadi salah satunya. Apa saja candi-canti tersebut?

1. Borobudur (Indonesia)

Candi Borobudur (Foto: Instagram/@candiborobudur)

Merupakan sebuah situs kuno peninggalan sejarah kebanggan Indonesia. Candi Borobudur ternyata pernah dipilih sebagai salah satu keajaiban dunia. Candi Borobudur adalah candi Budha terbesar di dunia. Selalu menjadi destinasi favorit para pelancong mancanegara.

Dibangun menggunakan dua juta blok batu dalam bentuk stupa simetris besar tanpa perekat. Terdapat kira-kira enam teras yang bagian atasnya berbentuk persegi. Juga terdapat empat tangga mengarah pada gapura di bagian atas. Strukturnya cando Borobudur menyerupai mandala tantra tiga dimensi jika dilihat dari atas.

2. My Son Sanctuary (Vietnam)

My Son Sanctuary (Foto: Instagram/@inge_onthe_road)

My Son Sanctuary yang berada di Vietnam merupakan bangunan kuno dengan arsitektur memukau. Merupakan candi yang sudah berdiri sejak abad ke 4. Berlokasi di lembah terpencil dan merupakan kompleks ibu kota spiritual Kerajaan Cham yang mendominasi Asia Tenggara selama hampir ribuan tahun.

Candi-candi yang ada di komplek ini memiliki karakter Hindu. Terbuat dari batu bata dan batu pasir dengan ukiran mitologi Hindu. Tak jauh dari sini terdapat kota kuno Hoi An yang tak kalah menariknya. Budaya Hindu-Budha terlihat kental pada candi ini.

Baca juga:

6 Candi Termegah di Dunia, Dua Diantaranya dari Indonesia

3. Angkor Wat (Kamboja)

Angkor Wat (Foto: Instagram/@destination_cambodge)

Angkor Wat merupakan candi yang dibangun oleh suku bangsa Khmer dengan Kawasan yang sangat luas. Kemegahannya pun membentang dari kawasan Myanmar hingga Vietnam. Konon, Angkor Wat adalah komplek tempat tinggal bagi 750.00 orang

Candi Angkor Wat diperkirakan telah ada antara tahun 900 sampai dengan 1200 Masehi. Kini Angkor Wat merupakan Komplek Candi Hindu-Budha yang kaya dengan sejarah. Pada tahun 1992, UNESCO Kawasan Asia Pasifik menetapkan Angkor Wat sebagai bagian dari Warisan Dunia UNESCO.

4. Ayutthaya (Thailand)

Ayutthaya (Foto: Instagram/@justrecordanything)

Komplek candi ini mencakup wilayah kota kuno Ayutthaya dengan reruntuhannya. Merupakan peninggalan dari abad ke 14 dan menjadi saksi tentang peradaban masyarakat Thailand pada abad itu. Mirisnya, banyak benda berharga yang hilang dari komplek ini. Renovasi sudah berjalan dari tahun 1969. Komplek candi ini juga dinyatakan sebagai taman nasional pada tahun 1976 dan menetapkan sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1991.

Bagaimana sahabat Merah Putih, candi apa yang menurutmu paling bagus? (lgi)

Baca juga:

Rute Perjalanan Menuju Candi Ngawen

Kredit : leonard


Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH