6 Candi Termegah di Dunia, Dua Diantaranya dari Indonesia Borobudur (Instagram/takc2_ta)

BERDASARKAN pengertiannya, candi adalah sebuah bangunan purbakala yang digunakan pada peradaban Hindu-Budha untuk beribadah. Namun, istilah 'candi' juga sering digunakan masyarakat untuk merujuk semua bangunan masa Hindu-Budha.

Di dunia sendiri ada banyak candi yang tersebar di berbagai negara. Ukurannya pun bermacam-macam mulai dari ukuran beberapa meter saja hingga sangat besar.

Kali ini Merahputih.com akan menunjukan 6 candi termegah di dunia. Hal yang membanggakan adalah dua diantaranya ada di Indonesia.

6. Prambanan - Indonesia

Candi yang dibangun pada abad ke-9 masehi ini punya nama lain yakni Candi Roro Jonggrang. Bangunan ini merupakan candi terbesar kedua di Indonesia. Candi ini juga diakui sebagai salah satu candi terindah di Asia Tenggara dan menjadi UNESCO World Heritage Site.

Prambanan (Instagram/silvi_sintia08)
Prambanan (Instagram/silvi_sintia08)

Prambanan sempat ditelantarkan hingga akhirnya ditemukan kembali oleh CA. Lons seorang berkebangsaan Belanda tahun 1733. Meski demikian masyarakat sekitar candi sudah tahu akan keberadaan Prambanan, hanya saja tak tahu latar belakang sejarahnya.

5. The Temple of Heaven – Tiongkok

Bangunan yang terletak di Kota Beijing ini memang tak pernah sepi dari wisatawan. Kuil Tao ini dibangun di tahun sekitar tahun 1406 hingga 1420 pada masa Kaisar Yongle dari dinasti Ming.

The Temple of Heaven (Instagram/qixin960324)
The Temple of Heaven (Instagram/qixin960324)

Bangunan ini adalah tempat para kaisar membuat ritual kepada dewa agar hasil panen berlimpah. The Temple of Heaven menjadi kuil terbesar kelima di dunia dan menjadi bagian dari UNESCO World Heritage Site.

4. Sri Ranganathaswamy – India

Candi yang punya arsitektur unik ini adalah candi terbesar di India dan salah satu candi termegah di dunia. Bangunan ini berada di Tamil Nadu dan menjadi destinasi utama di sana.

Sri Ranganathaswamy (Instagram/itinerantpirate)
Sri Ranganathaswamy (Instagram/itinerantpirate)

Bangunan ini dibuat pada abad ke-17 sebegai persembahan untuk dewa Ranganatha. Setiap tahunnya penganut agama Hindu berbondong-bondong datang ke candi ini untuk berdoa.

3. Paro Taktsang – Bhutan

Paro Taktsang adalah salah satu candi yang unik karena bangunan ini dibangun di pinggir tebing Paro Valley di negara Bhutan. Bangunan ini punya nama lain yakni Tiger’s Nest Monastery. Bangunan unik dari Bhutan tersebut menjadi candi terbesar

Paro Taktsang (Instagram/mindfoodmag)
Paro Taktsang (Instagram/mindfoodmag)

Paro Taktsang dibangun pada tahun 1692 di sekitar Gua Taktsang Senge Samdup tempat Guru Padmasambhava dikatakan bermeditasi selama tiga tahun, tiga bulan, tiga minggu, tiga hari dan tiga jam pada abad ke-8.

2. Borobudur - Indonesia

Bangunan yang ada di Magelang ini adalah candi Budha termegah di Asia Tenggara. Borobubur pun sempat dinobatkan sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia.

Borobudur (Instagram/ivyzlu)
Borobudur (Instagram/ivyzlu)

Candi Borobudur dibangun pada abad kedelapan saat wangsa Syailendra berkuasa. Berdasarkan catatan sejarah Burobudur mulai ditinggalkan pada abad ke-14 saat mulai masuknya Islam ke Nusantara.

1. Angkor Wat – Kamboja

Di Kamboja ada satu bangunan yang sangat begah bernama Angkor Wat. Candi termegah di dunia ini memiliki corak percampuran Hindu dan Budha.

Angkor Wat (Sumber: Wikipedia)
Angkor Wat (Sumber: Wikipedia)

Angkor Wat sendiri memiliki arti kota candi, sehingga di daerah ini tersebar bangunan candi yang lebih kecil. Bangunan ini dibangun pada abad ke-12 dengan memakan waktu selama 30 tahun.

Sahabat Merah Putih, itulah enam candi yang megah di dunia. Hal yang cukup membanggakan adalah dua diantaranya ada di Indonesia. (yan)

Kredit : yani

Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH