4 Artis yang Pernah Perankan Tokoh Penting Indonesia di Film Layar Lebar Beberapa aktris dan aktor ternama tanah air yang berkesempatan berperan menjadi tokoh penting Indonesia (Foto: instagram @therealdisastr)

FILM-FILM Indonesia sangat beragam genrenya, dari mulai horor, komedi, action, drama hingga film yang mengangkat kisah tokoh-tokoh penting Indonesia.

Dari mulai film tentang Soekarno, Kartini, B.J. Habibie, hingga film Jenderal Soedirman. Namun dibalik sebuah film pastinya ada aktor dan aktris yang terpilih untuk membintanginya.

Baca Juga: Yuk Intip Cara Deretan Artis Cantik Tanah Air Merayakan HUT RI

Hal itu tentu menjadi tantangan tersendiri, karena pastinya sangat sulit untuk menirukan tokoh-tokoh penting Indonesia yang sangat luar biasa itu. Nah seperti yang dilansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah 4 artis Indonesia yang pernah perankan tokoh penting Indonesia di dalam film layar lebar.

1. Reza Rahardian (BJ Habibie di Film Habibie Ainun)

Reza Rahardian (kiri) berperan sebagai sosok B.J. Habibie di film Habibi & Ainun (Foto: instagram @inggan.ayu)

Habibie & Ainun merupakan film drama Biokpik Indonesia yang dirilis pada tanggal 20 Desember 2012. Film itu dibintangi oleh Reza Rahardian sebagai sosok B.J. Habibie, dan Bunga Citra Lestari sebagai Ainun. Dalam peluncurannya film ini disaksikan oleh Presiden RI Ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono, Presiden Joko Widodo (Saat itu masih Menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta), dan PResiden RI ke-3 B.J. Habibie.

Film itu diangkat dari memoar yang ditulis oleh Habibie tentang kisah hidupnya bersama mendiang istrinya, Hasri Ainun Habibie, dalam buku Habibie Ainun. Sejumlah aktor dan aktris ternama pun turut berperan dalam film tersebut, antara lain Tio Pakusadewo, Ratna Riantiarno, Mike Lucock, dan Vitta Mariana.


2. Dian Sastrowardoyo (Kartini di Film Kartini)

Dian Sastro tampak begitu anggun kala memerankan sosok Kartini (foto: instagram @therealdisastr)

Kartini merupakan sebuah film biografi dari tokoh perjuangan emansipasi wanita Indonesia yaitu Kartini. Dalam film yang dirilis pada April 2017 ini Dian Sastrowardoyo berperan sebagai Kartini.

Film Kartini berkisah tentang Kartini yang tumbuh dengan melihat langsung ibunya yang bernama Ngasirah menjadi orang terbuang dirumahnya sendiri. Hal itu lantaran tak memiliki darah ningrat dan menjadi seorang pembantu.

Sanga ayah bernama Raden Sosroningrat yang sangat mencintai Kartini, tak berdaya melawan tradisi yang sudah turun temurun. Sepanjang perjalanan hidupnya kartini berjuang untuk menyatarakan hak bagi semua orang baik, ningrat ataupun bukan. Khususnya hak pendidikan untuk perempuan, bersama kedua saudarinya yang bernama Roekmini, dan KArdinah. Kartini pun berjuang mendirikan sekolah untuk kaum miskin dan menciptakan lapangan pekerjaan bagi semua masyarakat Jepara.

3. Ario Bayu (Soekarno di Film Soekarno)

Ario Bayu perankan salah satu tokoh penting Indonesia yakni Soekarno pada film Soekarno (Foto: instagram @bayu_ario)

Ario Bayu berkesempatan mengemban tugas menjadi tokoh utama yakni Soekarno dalam film Soekarno. Film itu merupakan film biografi Indonesia rilisan tahun 2013 yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo dan ditulis oleh Ben Sihombing.

Film ini berkisah tentang kehidupan almarhum Soekarno, presiden pertama Indonesia. Soekarno yang lahir dengan nama "Kusno" , merupakan salah satu tokoh utama yang memainkan peran penting dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia dari pemerintahan kolonial Belanda. Selain Ario Bayu film ini juga dibintangi aktor ternama lainnya seperti Lukman Sardi, Mathias Muchus, Ria Irawan, Sujiwo Tejo, Ferry Salim, Maudy Kusnaedi dan masih banyak lagi.


4. Adipati Dolken (Jenderal Soedirman di Film Jendral Soedirman)

Adipati Dolken membintang tokoh utama Jenderal Soedirman (Foto: instagram @moviecoid)

Adipati Dolken membintangi tokoh utama Jenderal Soedirman dalam film Jenderal Soedirman. Film itu merupakan film biopik yang menceritakan tentang seorang tokoh bernama Soedirman, sang jenderal besar yang memimpin perang gerilya untuk mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia, meskipun menderita penyakit paru-paru dan hanya memiliki satu paru-paru.

Film yang dirilis tanggal 27 Agustus 2015 ini disutradarai oleh Viva Westi, yang dibintangi oleh sejumlah aktor ternama seperti Adipati Dolken, Ibnu Jamil, Mathias Muchus, Baim Wong dan Nugie.

Nah itu dia guys beberapa aktor yang mendapat kesempatan memerankan tokoh penting Indonesia dalam sebuah film. Mana yang jadi favoritmu?(ryn)

Baca Juga: Deretan Artis Indonesia yang Lahir di Tanggal 17 Agustus, Ayo Tebak Siapa?

Kredit : raden_yusuf


Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH