3 Tips Lawan Kantuk saat Jam Kerja, Dijamin Ampuh! Mengantuk di Jam Kerja (Foto: Redbook)

KAMU mungkin termasuk satu dari banyak orang yang sering merasakan kantuk saat jam kantor, bukan? Faktor kelelahan menjadi salah satu penyebab orang merasa kantuk, sehingga membutuhkan istirahat sejenak. Selain kelelahan, kesibukan dan antusias banyak orang dalam mencari uang membuat banyak orang tidak bisa mencukupi kebutuhan tidur di malam hari. Akibatnya, rasa kantuk menyerang saat bekerja sehingga menurunkan produktivitas kamu.

Baca juga:

Minum Kopi untuk Hilangkan Kantuk, Seberapa Lama sih Efeknya?

Melansir laman TimesofIndia, sebuah lembaga kesehatan berbasis karyawan di AS baru-baru ini melakukan penelitian terhadap 1.139 karyawan dari tiga perusahaan. Peneliti utama, Jennifer Turgiss, menemukan bahwa 15 persen dari karyawan tertidur di tempat kerja setidaknya sekali seminggu. Rata-rata faktor yang membuat mereka tidak bisa tidur nyenyak, karena khawatir atau stres, aktivitas mental, ketidaknyamanan fisik, dan pengganggu lingkungan.

Laporan lain dari National Sleep Foundation (NSF) menyatakan bahwa 29 persen responden tertidur atau sangat mengantuk saat di tempat kerja. Turgiss menemukan bahwa kelelahan yang dihasilkan mengurangi kemampuan seseorang untuk mengelola kondisi stres.

Hal itu menyebabkan berbagai masalah di tempat kerja, seperti penurunan kemampuan dalam mengambil keputusan, kurangnya konsentrasi, penurunan fungsi kognitif, emosi dan kurang sabar dengan rekan kerja. Namun, hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan, melansir dari berbagai sumber, ini dia beberapa tips ampuh yang bisa kamu pakai untuk melawan kantuk saat jam kantor.

1. Tidur Siang Sejenak

3 Tips Lawan Kantuk saat Jam Kerja, Dijamin Ampuh!
Tidur Sianglah Sejenak (Foto: Lifeofpix/Korinna Bognar)

Tidur siang sejenak atau power nap menjadi salah satu cara ampuh dalam menghilangkan rasa ngantuk yang menyerang jam kerja. Seringkali kantuk yang berat sudah tidak tertahankan lagi dengan segala cara. satu-satunya pilihan utama mu adalah power nap.

Tidur siang sejenak membuat tubuh rileks dengan cepat dan lebih dalam. Kamu bisa melakukannya duduk, atau berbaring jika memungkinkan. Durasi tidur siang yang ideal hanya 15-20 menit saja.

Kurang dari rentang tersebut, tubuh kamu tidak akan memperoleh manfaatnya. Sementara tidur siang selama lebih dari 20 menit malah akan membuat anda lesu dan mengantuk lebih lama lagi.

Baca juga:

Usir Kantuk setelah Makan Siang dengan Trik Ini

2. Makan Siang Ringan

3 Tips Lawan Kantuk saat Jam Kerja, Dijamin Ampuh!
Pilih Makanan Sehat dan Rendah Kalori (Foto: Unsplash/ella olsson)

Jika kamu sering mengalami kantuk di siang hari, salah satu penyebabnya adalah perut yang terlalu kenyang. Makan siang yang berat bisa memperparah kondisi ini. Cobalah untuk menghindari camilan manis, soda, atau karbohidrat seperti roti putih dan pasta.

Makan siang yang ringan menjaga agar energimu tetap tinggi. Pilihlah menu dari sumber energi yang sehat, seperti telur rebus, ayam, kacang-kacangan, dan sayur-sayuran. Untuk kebanyakan orang Indonesia memang sangatlah berat, tetapi jika dicoba, pastinya akan terbiasa.

3. Banyak Bergerak

3 Tips Lawan Kantuk saat Jam Kerja, Dijamin Ampuh!
Jalan Kaki Bisa Menghilangkan Kantuk (Foto: Unsplash/arturo castaneyra)

Bergerak adalah cara yang efektif untuk menghilangkan ngantuk saat kerja sekaligus membuat tubuh anda selalu bugar. Saat mengantuk, cobalah beranjak dari tempat duduk dan berjalanlah mengitari lingkungan kantor selama 10 menit.

Berjalan kaki dinilai mampu memicu jantung memompa lebih banyak darah kaya oksigen menuju pembuluh darah, otak, dan otot. Pasokan oksigen bermanfaat untuk menjaga otak tetap aktif dan waspada sehingga rasa kantuk pun menghilang. (Nic)

Baca juga:

Tips dan Trik Agar Tidak Mudah Kantuk di Kelas



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH