Usir Kantuk setelah Makan Siang dengan Trik Ini Rasa kantuk kerap mendera setelah makan siang. (foto: pixabay/rawpixel)

MENGANTUK setelah menikmati makan siang merupakan hal yang klasik. Pekerja kantoran ialah yang paling sering mengalami hal ini.

Perut yang terisi penuh, posisi duduk di kantor yang hening dengan embusan pendingin udara membuat mata jadi terasa super berat. Akibatnya, pekerjaan bisa terbengkalai karena kurangnya fokus.

BACA JUGA: Jangan Dijauhi, Keju Ternyata Banyak Manfaatnya

Dikutip Nytimes.com, David Dinges, profesor dan peneliti tidur di University of Pennsylvania School of Medicine, mengatakan mengantuk setelah makan merupakan hal yang sangat wajar terjadi. Hal itu sepenuhnya alami, karena tubuh manusia secara tidak sadar menuntut untuk tidur sekitar 7 jam setelah mereka terbangun.

Senada, Robbie Clark, seorang ahli diet ahli nutrisi olahraga asal Australia, menyebut kondisi itu disebabkan proses pencernaan. Selama mencerna makanan, tubuh membutuhkan cukup banyak energi. Itulah sebabnya rasa kantuk muncul sehabis menyantap makan siang.

Selain membutuhkan energi untuk mencerna makanan, tubuh juga memproduksi hormon insulin yang memicu rasa bahagia dan rileks sehingga keinginan untuk tidur semakin besar. Hormon itu semakin banyak diproduksi pankreas terutama setelah makan makanan atau minuman manis dan berkabohidrat.

Hormon insulin yang berlebihan menyebabkan asam amino triptofan berpindah ke otak. Triptofan akan meningkatan produksi serotonin dan melatonin, dua nutrisi yang memiliki efek menenangkan dan membantu mengatur tidur.

Walau termasuk hal yang wajar, rasa kantuk di siang hari bisa sangat mengganggu pekerjaan dan aktivitas sehari-hari. Nah, biar tak jadi gangguan pada aktivitasmu, terapkan trik berikut untuk mengusir rasa kantuk di siang hari.


1. Jangan lewatkan sarapan

breakfast
Melewatkan makan pagi membuat makan berlebih di siang hari. (foto: pixabay/RitaE)

Melewatkan sarapan akan membuat kita sangat lapar di siang hari dan akibatnya kita jadi makan berlebihan sampai terlalu kenyang. Padahal, konsumsi gula dan karbohidrat yang berlebihan itulah yang akan membuat kamu jadi semakin mengantuk setelah makan siang.


2. Makan dalam porsi kecil

diet
Makanlah dalam porsi kecil tapi sering. (foto: pixabay/stevepb)

Makan dalam porsi kecil 5-6 kali sehari lebih baik daripada makan 2 kali dalam jumlah banyak. Hal itu disebabkan jumlah energi yang dibutuhkan tubuh untuk mencerna makanan dalam porsi besar pastilah amat banyak. Jadi jangan ragu untuk mencamil makanan sehat di antara jam makan sehingga kita tidak makan berlebihan saat makan siang.

3. Makan siang dengan menu yang seimbang

salmon
Makanlah menu yang seimbang. (foto: pixabay/cattalin)

Alih-alih memilih makanan olahan yang tinggi karbohidrat dan gula, pastikan menu makan siang kamu sehat dan seimbang. Sayuran, biji-bijian, protein tanpa lemak, dan sedikit saja karbohidrat merupakan kombinasi yang tepat.

4. Tidur 10-20 menit

sleep
Kalau tak tertahan lagi, tidurlah sejenak. (foto: pixabay/robertofoto)

Tidur siang 10-20 menit bisa sangat ampuh mengusir rasa kantuk setelah makan saing. Lebih baik membuang waktu 20 menit daripada jadi tidak konsentrasi sepanjang hari.

5. Bergerak

people
Gerak sebentar agar lebih segar. (foto: pixabay/stocksnap)

Jika tidak ingin membiasakan diri dengan tidur siang, kantuk juga bisa dilawan dengan menggerakkan tubuh. Olahraga ringan di meja kantor atau jalan dan mengobrol sebentar dengan teman kerja bisa sangat membantu.

6. Pergi ke dokter

nurse
Kalau terjadi dan selalu mengganggu, periksalah ke dokter. (foto: pixabay/voltamax)

Jika rasa kantuk sudah sangat menggangu, periksakan diri ke dokter. Bisa saja rasa lelah dan kantuk disebabkan tubuh kamu kekurangan vitamin dan mineral. Misalnya, kekurangan zat besi, yang sangat umum pada wanita muda, khususnya mereka yang tidak makan daging.(*)

BACA JUGA: Tidur Bikin Cantik, Benarkah?

Kredit : dwi


Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH