Kesehatan

Terbukti secara Sains, Berikut Manfaat Yoga yang Dicari Banyak Orang

Zulfikar SyZulfikar Sy - Kamis, 27 Juni 2019
Terbukti secara Sains, Berikut Manfaat Yoga yang Dicari Banyak Orang
Yoga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. (Foto: Pixabay/arhy82)

YOGA adalah praktik kuno yang menyatukan pikiran dan tubuh. Yoga menggabungkan latihan pernapasan, meditasi, dan pose yang dirancang untuk mendorong relaksasi dan mengurangi stres.

Berlatih yoga dikatakan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan mental dan fisik, meskipun tidak semua manfaat ini didukung oleh ilmu pengetahuan.

Dikutip healthline.com, berikut 5 manfaat teratas dari yoga yang sudah terbukti secara sains.

1. Dapat mengurangi stres

Yoga dapat mengurangi stres. (Foto: Pixabay/SaraJobling)
Yoga dapat mengurangi stres. (Foto: Pixabay/SaraJobling)

Yoga dikenal karena kemampuannya untuk meredakan stres dan meningkatkan relaksasi. Faktanya, banyak penelitian telah menunjukkan bahwa itu dapat mengurangi sekresi kortisol, hormon stres primer.

Satu studi menunjukkan efek kuat yoga pada stres dengan menyertakan 24 wanita yang menganggap diri mereka tertekan secara emosional. Setelah program tiga bulan, para wanita memiliki tingkat kortisol yang jauh lebih rendah.


2. Meredakan kecemasan

Yoga dapat meredakan kecemasan. (Foto: Pixabay/gorkhe1980)
Yoga dapat meredakan kecemasan. (Foto: Pixabay/gorkhe1980)

Dalam satu studi, 34 wanita dengan gangguan kecemasan berpartisipasi dalam kelas yoga dua kali seminggu selama dua bulan. Pada akhir penelitian, mereka yang berlatih yoga memiliki tingkat kecemasan yang jauh lebih rendah.

Studi lain diikuti 64 wanita dengan gangguan stres pasca-trauma (PTSD), yang ditandai dengan kecemasan dan ketakutan yang parah, setelah paparan peristiwa traumatis. Setelah 10 minggu, para wanita yang berlatih yoga sekali seminggu memiliki lebih sedikit gejala PTSD.

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Meski Terlihat Sopan, Sebenarnya 10 Kebiasaan Ini Enggak Disukai Pelayan Restoran

3. Dapat mengurangi peradangan

Yoga bermanfaat untuk mengurangi pradangan. (Foto: Pixabay/zauheb)
Yoga bermanfaat untuk mengurangi peradangan. (Foto: Pixabay/zauheb)

Selain meningkatkan kesehatan mental, beberapa penelitian menunjukkan bahwa berlatih yoga dapat mengurangi peradangan. Peradangan adalah respons imun yang normal, tetapi peradangan kronis dapat berkontribusi pada perkembangan penyakit proinflamasi, seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

Sebuah studi tahun 2015 membagi 218 peserta menjadi dua kelompok: mereka yang berlatih yoga secara teratur dan mereka yang tidak. Kedua kelompok kemudian melakukan latihan yang sedang dan berat untuk memicu stres.

Pada akhir penelitian, orang-orang yang berlatih yoga memiliki tingkat penanda inflamasi yang lebih rendah daripada mereka yang tidak.

4. Bisa meningkatkan kesehatan jantung

Yoga bermanfaat bisa meningkatkan kesehatan jantung. (Foto: Pixabay/kudryavtseva)
Yoga bermanfaat bisa meningkatkan kesehatan jantung. (Foto: Pixabay/kudryavtseva)

Studi menunjukkan bahwa yoga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi beberapa faktor risiko penyakit jantung.

Satu studi menemukan bahwa partisipan berusia di atas 40 tahun yang berlatih yoga selama lima tahun memiliki tekanan darah dan denyut nadi yang lebih rendah daripada mereka yang tidak.

Tekanan darah tinggi adalah salah satu penyebab utama masalah jantung, seperti serangan jantung dan stroke. Menurunkan tekanan darah kamu dapat membantu mengurangi risiko masalah ini. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa menggabungkan yoga ke dalam gaya hidup sehat dapat membantu memperlambat perkembangan penyakit jantung.


5. Meningkatkan kualitas hidup

Yoga dapat meningkatkan kualitas hidup. (Foto: Pixabay/chiaravdberg)
Yoga dapat meningkatkan kualitas hidup. (Foto: Pixabay/chiaravdberg)

Yoga semakin umum sebagai terapi tambahan untuk meningkatkan kualitas hidup bagi banyak orang. Dalam satu studi, 135 manula ditugaskan untuk enam bulan yoga. Berlatih yoga secara signifikan meningkatkan kualitas hidup, serta suasana hati dan kelelahan, dibandingkan dengan kelompok lain.

Studi lain telah melihat bagaimana yoga dapat meningkatkan kualitas hidup dan mengurangi gejala pada pasien dengan kanker.

Satu studi diikuti wanita dengan kanker payudara yang menjalani kemoterapi. Yoga mengurangi gejala kemoterapi, seperti mual dan muntah, sementara juga meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan. (*)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Beberapa Makanan yang Perlu Dikonsumsi Setiap Hari untuk Jauh Dari Depresi

#Yoga #Info Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan