3 Cara Mudah Hilangkan Bau Kaki yang Mengganggu Tips menghilangkan bau kaki (Foto: rumah123)

KETIKA cuaca panas atau suhu tubuh yang naik, tentu tubuh akan lebih banyak berkeringat. Ditambah jika kamu menggunakan baju yang tebal atau sepatu yang lembab, sehingga menyebabkan bau tidak sedap yang berlebih. Terutama di bagian kaki yang menggunakan kaus kaki tebal dan sepatu yang lembab karena kaki berkeringat.

Baca juga:

Perawatan Rumahan untuk Sepatu Favoritmu

Banyak tungau dan jamur yang menyukai tempat panas, lembap, ataupun gelap. Oleh karena itu pertumbuhan bakteri dalam sepatu sangat mudah dan cepat. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Kamu bisa melakukan beberapa hal mudah ini.

1. Rendam kaki

3 Cara Mudah Hilangkan Bau Kaki yang Mengganggu
Rendam kaki menggunakan beberapa bahan yang dipercaya bisa mengurangi bau kaki (Foto: pexels/hellosehat)

Banyak yang menyarankan untuk merendam kaki menggunakan campuran cuka dan air atau bisa juga menggunakan garam Inggris.

Untuk berendam menggunakan garam, disarankan untuk menggunakan bak atau baskom besar berisi air hangat dan rendahlah 10-20 menit.

Garam dapat menarik kelembapan yang ditimbulkan oleh bakteri dan mengurangi bau. Namun, jangan gunakan air rendaman ini ketika ada luka terbuka, karena dapat membuat kulit jadi iritasi.

Baca juga:

Tips Sederhana Merawat Sepatu Kesayangan Berbahan 'Suede'

2. Jaga kaki tetap kering

3 Cara Mudah Hilangkan Bau Kaki yang Mengganggu
Jagalah agar kaki, kaos kaki, ataupun sepatu tetap kering agar tidak menimbulkan bau yang tidak sedap (Foto: pexels/Aidan Roof)

Metode apapun yang digunakan pastikan kaki tetap kering dan tidak basah. Keringkan kaki sehabis mandi, berendam ataupun berenang agar kaki tidak basah dan lembap ketika menggunakan kaos kaki dan sepatu. Untuk berjaga-jaga, bawalah kaos kaki tambahan agar bisa mengganti kaos kaki yang sudah basah atau lembap.

3. Gunakan anriperspirant

3 Cara Mudah Hilangkan Bau Kaki yang Mengganggu
Gunakan antiperspirant pada kaki untuk mengurangi bau (Foto: pixabay/andreas160578)

Bila kakimu sangat berkeringat atau sulit untuk dikendalikan lagi, kamu bisa mencoba gunakan antiperspiran ketiak biasa untuk membantu mengendalikan kelembapan. Tunggu sampai kering agar tidak menjadi lebih lembap ya.

Baca juga:

4 Tips Ampuh Menjaga Sepatu Agar Tidak Bau

Apabila cara diatas sudah dicoba dan tidak menghasilkan apa-apa, cobalah untuk periksa ke dokter karena bisa saja itu adalah tanda dari adanya penyakit dalam yang sedang menyerang tubuhmu. Jaga kakimu agar tetap bersih dan tidak berbau ya agar orang tidak ilfeel denganmu. (Lio)



Ananda Dimas Prasetya