Tips Sederhana Merawat Sepatu Kesayangan Berbahan 'Suede' Merawat sepatu suede. (Foto: Pixabay/Couleur)

MEMILIKI berbagai jenis sepatu akan berguna untuk tampil menarik di setiap kesempatan. Beberapa bahkan sampai memiliki lemari khusus sepatu. Koleksi dari berbagai model dan bahan. Tidak semua sepatu awet dan bisa bertahan hingga bertahun-tahun. Hal ini juga sangat dipengaruhi dengan bagaimana kamu merawatnya. Salah satu jenis sepatu memerlukan perawatan khusus yaitu sepatu berbahan suede.

Melansir dari realmenstryle.com, sepatu berbahan suede cukup sulit dirawat. Selain karena bahannya yang rapuh, kotoran mudah menempel pada bahan suede. Tetapi di samping itu, sepatu berbahan suede perlu banget kamu koleksi. Karena bisa memberikan kesan kalem dan retro. Kamu bisa bergaya ala-ala vintage modern. Penasaran bagaimana tips mudah untuk membersihkan sepatu bahan suede? Nih simak caranya.

Baca juga:

5 Bahan Alternatif Bersihkan Sepatu Putih

1. Spray Pelindung

Tips Sederhana Merawat Sepatu Berbahan 'Suede' Kesayangan
Gunakan spray khusus. (Foto: Pixabay/pixel2013)

Kini kamu bisa dengan mudah menemukan spray pelindung khusus sepatu berbahan suede. Spray ini akan bekerja sebagai waterproof ketika sudah disemprotkan ke permukaan sepatu.

Sehingga sepatumu tidak akan mudah kotor. Cipratan air pun tidak akan mempan. Kini kamu tidak perlu khawatir lagi jika ada minuman tumpah di dekat sepatumu.

2. Cuka

Tips Sederhana Merawat Sepatu Berbahan 'Suede' Kesayangan
Cuka bisa membersihkan noda membandel. (Foto: Pixabay/Anelka)

Belum menggunakan spray pelindung tapi terlanjur terkena cipratan kopi? Jangan khawatir! Sebenarnya bahan suede mudah dibersihkan dengan menggunakan cuka.

Tuangkan sedikit cuka ke handuk kemudian gosok permukaan sepatu yang terkena kotoran secara lembut. Noda membandel akan hilang seketika.

Baca juga:

4 Tips Ampuh Menjaga Sepatu Agar Tidak Bau

3. Tidak Boleh Kena Air

Tips Sederhana Merawat Sepatu Berbahan 'Suede' Kesayangan
Sepatu suede tidak boleh terkena cipratan air. (Foto: Pixabay/skitterphoto)

Ini lah salah satu alasan kenapa kamu harus menyemprotkan spray pelindung khusus bahan suede. Karena sepatu jenis ini tidak boleh terkena air sama sekali.

Tekstur dan bahannya yang sensitif akan cepat rusak. Warnanya juga bisa memudar seketika. Gunakan sepatu suede ke acara-acara yang formal di gedung resmi. Dijamin tak akan terkena cipratan air!

4. Udara Sejuk

Tips Sederhana Merawat Sepatu Berbahan 'Suede' Kesayangan
Simpan sepatu di tempat yang sejuk. (Foto: Pixabay/moerschy)

Merawat sepadu suede memang agak PR nih sahabat Merahputih. Cara menyimpannya saja butuh perlakuan khusus. Simpanlah di tempat yang sejuk tanpa paparan sinar matahari.

Pastikan di ruangan tersebut sirkulasi udaranya lancar. Meskipun repot, sepatu suede selalu bisa membuat penampilanmu eye catching. (mar)

Baca juga:

4 Sneakers Klasik yang Tak Lekang Oleh Waktu


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH