Tiga Makam Keramat Tersembunyi di Kebun Raya Bogor

Eddy FloEddy Flo - Kamis, 03 Maret 2016
Tiga Makam Keramat Tersembunyi di Kebun Raya Bogor
Makam Keramat di Kebun Raya Bogor (Foto: MerahPuith.com/Ardi)

MerahPutih Budaya - Selain identik dengan zaman kolonial Belanda, Kebun Raya Bogor juga selalu dikaitkan dengan makam salah seorang pembesar Kerajaan Padjajaran terdahulu. Namun, di balik itu semua ada lagi tiga makam yang juga menjadi perhatian sebagian para peziarah.

Meski berada agak tersembunyi, makam tersebut kerapkali didatangi para peziarah dari Cirebon, Banten, dan beberapa daerah lainnya.

"Biasanya, setiap malam Jumat selalu ada saja yang ziarah. Kebanyakan dari Cirebon, Banten, dan beberapa daerah lain di Pulau Jawa," ucap Dano (35), seorang petugas Kebun Raya Bogor, Rabu (2/3).

Adapun ketiga makam tersebut, tambah Dano, Mbah Rabi’in, Mbah Jaka, dan Mbah Cadog, yang berada di depan Taman Meksiko, Kebun Raya Bogor.

Ketika ditanya lebih dalam, Dano belum berani membeberkan cerita yang ada karena merasa takut salah. Meski demikian, ia pun sangat meyakini bahwa ketiga makam yang tersembunyi ini, menyimpan cerita dan karomah.

"Intinya, ketika ada banyak yang ziarah, sudah pasti makam tersebut bukan sembarang. Setahu saya sih, itu saja. Tidak mau cerita terlalu panjang, takut salah," jelasnya. (Ard)

BACA JUGA:

  1. Warga Karadenan Yakin Masjid Jami Al Atiqiyah Tertua di Bogor
  2. Cerita Mistis di Museum Keris Karadenan Bogor
  3. Karadenan Bogor, Antara Trah dan Harta Karun Kerajaan Muara Beres
  4. Curug Luhur, Nikmati Serunya Wisata Air di Bogor
  5. Reog Ponorogo Meriahkan Perayaan Cap Go Meh di Bogor

 

#Kota Bogor #Peziarah Makam #Makam Keramat #Kebun Raya Bogor
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan