Tendang Pengungsi, Juru Kamera Perempuan Hungaria Dikecam Dunia

Eddy FloEddy Flo - Kamis, 10 September 2015
Tendang Pengungsi, Juru Kamera Perempuan Hungaria Dikecam Dunia
Juru kamera perempuan Hungaria Petra Laszlo menuai kecaman atas aksinya menendang pengungsi hingga terjatuh (Foto: Screenshot dailymail.co.uk)

MerahPutih Eropa - Seorang juru kamera perempuan yang belakangan diketahui bernama Petra Laszlo kini harus berurusan dengan pihak kepolisian karena tindakannya menendang pengungsi Suriah. Kepolisian Hungaria mendakwa Petra Laszlo dengan tuduhan perbuatan kriminal.

Sebagaimana ramai diberitakan sebelumnya, juru kamera perempuan Hungaria tertangkap kamera menendang seorang ayah yang sedang menggendong anaknya hingga terjatuh dan tersungkur di atas tanah. Video aksi brutal Petra Laszlo tersebar luar di jejaring sosial sehingga menuai kecaman dari pelbagai kalangan di seluruh dunia.

Tragisnya video kekerasan Petra Laszlo terjadi tak seberapa lama dari kematian bocah Aylan Kurdi yang tenggelam dan terdampar di pantai Turki. Sebagaimana dilansir dailymail Selasa (9/9), aksi brutal Petra Laszlo direkam oleh salah seorang pengungsi Suriah secara tak sengaja setelah juru kamera itu hampir ditabrak ratusan pengungsi yang berlari dari kejaran polisi. Awalnya Petra Laszlo menendang beberapa orang termasuk seorang gadis kecil. Tendangan juru kamera perempuan itu telak mengenai seorang ayah yang berlari sambil menggendong anaknya.

Akibat perbuatannya Petra Laszlo sudah dipecat dari stasiun televisi tempat ia bekerja. Sumber Guardian menyebutkan bahwa televisi N1TV tempat Petra Laszlo kerja termasuk pendukung partai anti imigrasi di Hungaria. Namun berdasarkan pernyataan resmi dalam website N1TV, tertulis; " hari ini kami semua dari N1TV tidak bisa menerima perbuatan yang dilakukan rekan kami di daerah Roszke. Petra Laszlo telah dipecat dari pekerjaannya."

Di Hungaria partai oposisi Egyutt dan Koalisi Demokrasi akan menyelidiki kekerasan yang dilakukan para anggotanya. Laszlo akan dihadapan pada pengadilan dengan ancaman 5 tahun penjara.

Sementara di luar negeri, khususnya para pengguna media sosial ramai-ramai mengecam tindakan Petra Laszlo. Banyak pengguna twitter dan facebook mengutuk tindakan Petra Laszlo sesuatu yang menyedihkan dan tercela. Beberapa pengguna Facebook misalnya membuat group khusus yang diberi nama The Petra Laszlo Wall Of Shame yang isinya mengutuk perbuatan Laszlo. Para netizen menyebut Laszlo tidak memiliki rasa kemanusiaan. 

Sampai sekarang sekitar 167.000 pengungsi masuk ke Hungaria secara ilegal. Kebanyakan para imigran masuk melalui wilayah Roszke dekat perbatasan Serbia. Pemerintah Hungaria Jumat lalu sedang menggodok draf undang-undang anti-imigran yang menyatakan akan memproses secara hukum bagi para pelintas batas. Rencananya undang-undang itu akan disahkan pada tanggal 15 September nanti.

Salah seoraang pengungsi Suriah bernama Ali kepada dailymail mempertanyakan sikap ambigu pemerintahan Hungaria.

"Kami meminta kembali ke Serbia tapi pemerintah Hungaria tidak mengizinkan kami, lalu kami ke Budapest tapi mereka juga melarangnya, kenapa? mengapa?

Pemerintah Hungaria memang dikenal tidak ramah dengan para pengungsi dan kaum imigran. Perdana menteri Viktor Orban baru saja mengumumkan kebijakan yang mengatur para pengungsi agar bisa keluar dari negaranya.

 

Baca Juga:

Kejam, Wartawati Tendang Para Pengungsi Suriah

Alasan Jerman Terima dan Sambut Hangat Pengungsi Suriah

20 Pengungsi Tewas dalam Kecelakaan Perahu di Libya

Pemerintah Jerman akan Kucurkan Rp95 Triliun untuk Pengungsi

#Hungaria #Juru Kamera Perempuan Hungaria #Pengungsi Suriah #Petra Laszlo
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan