Sekjen Kemenag Sebut Jamaah Haji Berpaspor Filipina Nakal

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Sabtu, 22 Oktober 2016
Sekjen Kemenag Sebut Jamaah Haji Berpaspor Filipina Nakal
Sekjen Kemenag memberikan pembinaan kepada jemaah haji Indonesia yang berhaji dengan paspor Filipina di asrama haji Pondok Gede. (Foto: Syam via kemenag.go.id)

MerahPutih Nasional - Sekjen Kemenag Nur Syam memberikan pembinaan kepada jamaah haji Indonesia yang berangkat menggunakan paspor Filipina, di Asrama Haji Pondok Gede, Sabtu (22/10). Di hadapan 106 jamaah berpaspor Filipina itu, Nur Syam sempat bercanda dan menyebut jamaah "nakal" karena pergi berhaji dari negara lain.

"Bapak-ibu sekalian ini nakal, punya orang tua (Kemenag) tetapi minta diurus orang lain," kata Nur Syam.

Namun demikian, Nur Syam bersyukur semuanya tidak dihukum di Filipina berkat lobi-lobi pemerintah, terutama Presiden Jokowi yang berbicara langsung kepada Presiden Filipina Rodrigo Duterte agar jamaah haji berpaspor Filipina tersebut bisa dipulangkan ke Indonesia setelah selesai berhaji.

"Bapak-ibu sekalian bukan penduduk Pilipina, bukan pula orang Singapura. Jadi bapak ibu ini 'penduduk bukan-bukan'," canda Nur Syam disambut tawa jamaah, seperti dilansir situs Kementerian Agama.

Nur Syam berharap kejadian seperti ini tak kembali terulanga. Ia menegaskan bahwa berangkat haji secara ilegal dari luar negeri melanggar undang-undang. Undang-Undang Nomor 13 tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji memberi mandat kepada pemerintah untuk menyelenggarakan ibadah haji, mulai dari pemberangkatan sampai kembali ke Indonesia.

Seperti diketahui, Kementarian Agama menempatkan 106 jamaah haji WNI berpaspor Filipina di Asrama Pondok Gede, Jakarta Timur. Sebanyak 59 jamaah tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada Jumat (21/10) malam, sedang sisanya baru tiba pada Sabtu (22/10) dini hari.

BACA JUGA:

  1. 106 Jamaah Haji Berpaspor Filipina Ditampung di Asrama Pondok Gede
  2. Kemenag Dampingi Jamaah Haji WNI Berpaspor Filipina
  3. Total Jamaah Haji Indonesia Wafat Sebanyak 145 Orang
  4. Total Jamaah Haji Indonesia Wafat Sebanyak 139 Orang
  5. Video Jemaah Haji Indonesia Saat Lempar Jumroh

 

#Kemenag #Filipina #Jamaah Haji Indonesia
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan