SBY Sebut Ada Penggeseran Kasus Munir

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Selasa, 25 Oktober 2016
SBY Sebut Ada Penggeseran Kasus Munir
Presiden ke 6 Republik Indonesia (Foto: Twitter @SBYudhoyono)

MerahPutih Nasional - Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengaku serius menindaklanjuti hasil kerja dan rekomendasi Tim Pencari Fakta (TPF) kasus kematian pegiat hak asasi manusia Munir Said Thalib. Di masa pemerintahannya, dia mengatakan semua pihak yang menyelidiki dan menangani kasus TPF Munir bekerja sesuai dengan kewenangan pejabat eksekutif dan ketentuan penegakan hukum.

"Oleh karena itu saya pastikan bahwa yang kami lakukan dulu adalah langkah tindakan juga serius, sungguh serius utamanya dalam konteks penegakan hukum. Tentu yang kami lakukan dulu ada sesuai dengan batas-batas kewenangan seorang pejabat eksekutif termasuk kewenangan yang dimiliki oleh para penyelidik, penyidik ataupun penuntut dalam arti kewenangan dalam penyelidikan, penyidikan dan penuntutan," kata SBY seperti dilansir Antara News, saat konferensi pers di Pendopo Cikeas, Bogor, Selasa (25/10).

Lebih jauh, Ketua Umum Partai Demokrat ini menuturkan kesempatan kali ini merupakan momentum untuk menjernihkan pemberitaan yang ada.

"Kewajiban kami memberikan penjelasan sesuai dengan konteksnya untuk diketahui publik," ujarnya.

Menurutnya sebagian pemberitaan yang ada berada pada konteks yang tepat namun sebagian lagi bergeser pada pemberitaan yang bernuansa politik.

"Saya baca, dengarkan dengan seksama, saya baca dengan baik sebagian perbincangan, tanggapan dan komentar itu kontekstual. Memang itulah kalau kita bicara tentang TPF Munir temuannya dan rekomendasinya tetapi saya amati terus terang ada yang bergeser, yang tadinya legal issue menjadi bernuansa politik," katanya. 

BACA JUGA:

  1. Ini Pembelaan SBY Terkait Kasus Munir
  2. Setara Sebut SBY Paling Bertanggung Jawab atas Hilangnya Dokumen TPF Munir
  3. Minta Dukungan PBNU, Agus Yudhoyono Sampaikan Salam SBY
  4. Eko Patrio: SBY Kaget Saat Agus Diajukan Jadi Cagub
  5. Pengamat: Agus Dipersiapkan SBY untuk Melanjutkan Tongkat Kepemimpinan

 

#Racun #Susilo Bambang Yudhoyono #Aktivis HAM Munir
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan