Rizki/Tiara Singkirkan Peraih Medali Emas Olimpiade Rizki Amelia Pradipta/Tiara Rosalia Nuraidah. (Foto PP PBSI)

MerahPutih Raket - Rizki Amelia Pradipta/Tiara Rosalia Nuraidah membuat gebrakan di sektor ganda putri dengan mengalahkan atas peraih medali emas Olimpiade London 2012 asal Tiongkok, Tian Qing/Zhao Yunlei, dengan skor 17-21, 21-17, 21-18. Rizki/Tiara berhak melaju ke babak perempat final BCA Indonesia Open Super Series Premier 2016. 

Rizki/Tiara, yang belum satu tahun dipasangkan, tampil kompak dan solid.  

Nggak nyangka kami bisa menang dari Tian/Zhao. Kuncinya solid, ini yang bikin kami tampil kompak di lapangan. Sejak poin 18-18 di game ketiga, sebetulnya kami sudah ikhlas saja, mau menang atau kalah yang penting kami sudah berusaha maksimal. Tetapi usaha kami ternyata berhasil,” kata Tiara seperti dikutip dari keterangan resmi PP PBSI, Kamis (2/6). 

Selanjutnya, Rizki/Tiara akan berhadapan dengan pasangan Belanda, Eefje Muskens/Selena Piek di delapan besar. 

Kemenangan Rizki/Tiara kembali membuka harapan di sektor ganda putri. Sebelumnya, pasangan ganda putri andalan Indonesia secara mengejutkan harus terhenti di babak kedua dari Vivian Kah Mun Hoo/Woon Khe Wei (Malaysia), dengan skor 17-21, 19-21. 

Sebelumnya, pebulutangkis belia Fitriani takluk di tangan peringkat delapan dunia Sania Nehwal asal India. Pemain berusia 19 tahun ini belum dapat mengatasi permainan menyerang yang diterapkan Nehwal hingga akhirnya menyerah dengan skor 11-21, 10-21.

Peraih medali perunggu tunggal putri Olimpiade London 2012 ini memang jauh lebih berpengalaman ketimbang Fitriani, yang menduduki peringkat 53 dunia. Sejak awal game pertama Saina selalu memegang kendali permainan.

Fitriani kesulitan mengantisipasi serangan-serangan yang terus dihujankan Nehwal. 

“Saina banyak menyerang. Sebetulnya ada strategi yang sudah diberikan pelatih, tetapi tidak keluar di permainan saya tadi. Saya kurang bisa mengontrol bola dengan baik, juga kontrol angin,” ujar Fitriani, pemain dari klub Exist.

Sementara Saina menilai penampilan Fitriani sedang tidak terlalu baik.

“Fitriani adalah pemain yang bagus, tetapi mungkin hari ini dia tidak tampil baik,” cetus Nehwal. 

Kekalahan Fitriani mengakhiri perjalanan wakil tunggal putri Indonesia ke perempat final. Sebelumnya, Febby Angguni juga dihentikan oleh Sun Yu (Tiongkok) dengan skor 12-21, 15-21.

BACA JUGA:

  1. Tontowi/Liliyana Kubur Mimpi Juarai Indonesia Open
  2. Kejutan, Jonatan Bungkam Lin Dan
  3. Greysia/Nitya Dikalahkan Pasangan Malaysia Peringkat 20
  4. Lee/Yoo Masih Terlalu Tangguh Buat Kevin/Marcus
  5. Alfian/Annisa Jumpa Unggulan Utama di Perempat Final


Luhung Sapto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH