Rizal Ramli Sempat Menolak Tawaran Jadi Menteri

Luhung SaptoLuhung Sapto - Kamis, 13 Agustus 2015
Rizal Ramli Sempat Menolak Tawaran Jadi Menteri
Menko Kemaritiman Rizal Ramli (ketiga kanan) saat acara pengucapan sumpah jabatan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (12/8). ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma)

MerahPutih, Bisnis-Rizal Ramli akan meneruskan pekerjaan Indroyono Soesilo sebagai Menteri Koordinator Kemaritiman mulai hari ini. Suasana serah terima jabatan berlangsung akrab. 

"Beliau ini sahabat saya sejak 40 tahun yang lalu," jelas Indroyono mengenai penggantinya di sela acara sertijab di BPPT II, Jakarta Pusat, Kamis, (13/8). Indroyono dan Rizal memang bersahabat. Keduanya, merupakan alumni Institut Teknologi Bandung. 

Indro memuji Rizal. Menurutnya, Rizal punya kelebihan sehingga ia optimistis suksesornya itu akan meraih sukses dan bisa membantu program kerja Presiden Joko Widodo.  

"Beliau punya kelebihan, pertama beliau dari ITB; kedua, dia juga seorang ekonom PBB bersama ekonom internasional lainnya; ketiga beliau juga mantan Menko Perekonomian di zaman pemerintahan Gus Dur. Jadi, saya pikir itu bagus untuk ke depannya," tambahnya.

Di sisi lain, Rizal mengaku awalnya menolak saat diminta Presiden untuk menggantikan posisi Indroyono Soesilo sebagai Menko Kemaritiman. Dia mengaku tidak enak hati kepada sahabatnya.

Acara sertijab diakhiri dengan pelepasan Indroyono, yang memangku jabatan Menko Kemaritiman sejak 27 Oktober 2014 lalu. (rfd) 

Baca Juga

Ingin Jadi Poros Maritim Dunia, Indonesia Belum Miliki UU Kemaritiman

Teten: Menteri Diganti Bukan Kinerjanya Buruk, Tapi...

Dicopot Jokowi, Ini Pesan Rahmat Gobel kepada Thomas Lembong

Sertijab Menteri Perdagangan dari Rahmat Gobel ke Thomas Lembong

#Indroyono Soesilo #Menko Kemaritiman
Bagikan
Ditulis Oleh

Luhung Sapto

Penggemar Jones, Penjelajah, suka makan dan antimasak
Bagikan