Pesta Pantai & Mappanretasi Kab Tanah Bumbu 2016

Selvi PurwantiSelvi Purwanti - Rabu, 20 April 2016
Pesta Pantai & Mappanretasi Kab Tanah Bumbu 2016
Pesta Pantai & Mappanretasi Kab. Tanah Bumbu 2016 (foto: tanahbumbukab.go.id)

MerahPutih Nasional - Mappanretasi atau lebih umum dikenal dengan pesta laut merupakan upacara adat Suku Bugis di yang berlangsung di Pantai Pagatan Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

Pada tahun ini, Acara digelar pada 8-24 April 2016 dan rutin berlangsung setiap tahun di bulan April. Mappanretasi berasal dari bahasa Bugis, yaitu ma’ppanre (memberi makan) dan tasi (laut) atau diartikan dengan ritual memberi makanan di laut.

Mappanretasi digelar sebagai bentuk syukur bumi atas hasil laut yang melimpah. Nelayan Suku Bugis yang tinggal di pesisir Pantai Pagatan, Tanah Bumbu menggelarnya dengan cara melarung sesajen sebagai wujud syukur atas hasil laut. Sesajen tersebut berupa sesisir pisang barengseng, nasi ketan warna putih, hitam, kuning dan merah jambu, juga dilengkapi ayam panggang dan pisang raja. Sesajen tersebut mengiring ayam berwarna hitam yang dibawa naik kapal nelayan yang telah dihias.

Selain melakukan ritual Mappanretasi, di Pantai Pagatan ini juga berlangsung sederet acara hiburan untuk meramaikan acara Pesta Laut tahun ini. Berikut daftar acara yang berlangsung sejak 8-24 April 2016, seperti yang dilansir dari www.tanahbumbukab.go.id.

- Jumat, 8 April 2016, Opening Ceremony (Tanah Bumbu Expo & Mappanretasi 2016) dan Pagelaran Seni & Budaya Pelajar.
- Sabtu, 9 April 2016, Final Lomba Lagu Daerah dan DJ Rahman Saha.
- Minggu, 10 April 2016, Pagelaran Seni & Budaya Pelajar, Nursing (Parade Band), Hangsray (Parade Band), Last Day (Parade Band) dan Blue Sky Reagge.
- Senin, 11 April 2016, Pagelaran Seni & Budaya Pelajar, Musik Kecapi, Tariah Daerah, Mugiwara (Parade Band), Minnions 9 (Parade Band).
- Selasa, 12 April 2016, Pagelaran Seni & Budaya Pelajar Madihin, Tariah Daerah, The First (Parade Band).
- Rabu, 13 April 2016, Pagelaran Seni & Budaya Pelajar, Musik Kolaborasi & Budaya Sampeng, Big Boss Band dan DJ Dayak.
- Kamis, 14 April 2016, Pagelaran Seni & Budaya Pelajar, Massukkiri Wanita Hilmar, Ustadz Mansyur.
- Jumat, 15 April 2016, Lomba Dayung, Amat & Rock (Parade Band), Reagge Music, FDJ Odiz.
- Sabtu, 16 April 2016, Dance Compatition, Victoriz (Parade Band), DJ Deyu.
- Minggu, 17 April 2016, Lomba Balogo Se- Tanah Bumbu, Lomba Perahu Tradisional Antar Pejabat, Lomba Mewarnai (Anak-anak), Festival Layang-layang (Pelajar), Dandut Lokal dan Cita Citata.
- Senin, 18 April 2016, Pagelaran Seni & Budaya Pelajar, Lomba Perahu Tradisional(Umum),Festival Layang-layang (Umum), Grand Final Duta Wisata, Wika Salim dan Ratu Idola.
- Selasa 19 April 2016, Big Boss Band dan Seventeen.
- Rabu, 20 April 2016, Dragon Boat Race (PODSI), Festival Community TANBU, Pantomim Kab. Tanah Bumbu dan Banjarmasin, HD (Parade Band), FDJ Zeny.
- Kamis, 21 April 2016, Lomba Balogo Se- Kalsel, Dragon Boat, Race (PODSI), Al- Hidayah Band (Parade Band) dan Festival Community TANBU.
- Jumat, 22 April 2016, Cooking Class, Pagelaran Seni & Budaya, Pelajar Tentative, Aziva Group Bebana dan Ustadz Maulana.
- Sabtu, 23 April 2016, Mallibo Kampung (Semarak Budaya Etnis Kab. TANBU), Festival Lampion, Dinner Tamu VIP, Fotografer, Fashion Show Tenun Pagatan, Water Show, Big Boss Band, Geisha, Firework Party dan FDJ Claudia.
- Minggu 24 April 2016, Pesta Laut Mappanretasi.

BACA JUGA:

  1. Barito Putera Dirikan Sekolah Olahraga di 13 Lokasi se-Kalimantan Selatan
  2. Pesona Danau Biru Kalimantan Selatan Jadi Buruan Wisatawan
  3. Pesan saat Sakit Hati dalam Lagu Kalsel Sapu Tangan Babuncu Ampat
  4. Rinada, Jamrud dan Power Metal Hentak Ultah Tanah Bumbu
#Tanah Bumbu #Kalimantan Selatan #Wisata Kalimantan Selatan #Pesta Laut #Mappanretasi
Bagikan
Ditulis Oleh

Selvi Purwanti

Simple, funny and passionate. Almost unreal
Bagikan