Berita Indonesia

Perbandingan Kekuatan Militer Indonesia dan Australia

Perbandingan Kekuatan Militer Indonesia dan Australia

MerahPutih Nasional- Dalam beberapa pekan ini hubungan diplomatik antara Republik Indonesia dengan Australia cukup memanas. Hal tersebut dipicu dari rencana pemerintah Indonesia dalam waktu dekat akan segera mengeksekusi dua terpidana mati kasus narkotika Andrew Chan dan Myurun Sukumaran.

Perdana Menteri Australia Tony Abbott sendiri mengecam keras kebijakan pemerintah Indonesia yang akan mengeksekusi dua terpidana mati kasus narkotika yang tergabung dalam komplotan Bali Nine. Kecaman serupa juga dikemukakan dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Australia juga mengancam jika pemerintah Indonesia bersikukuh tetap melakukan eksekusi mati terpidana duo bali nine, maka pemerintah negeri Kanguru akan melakukan tindakan balas dendam yang setimpal.

Terkait dengan adanya ancaman tersebut Panglima TNI Jenderal Moeldoko mengaku sudah menyiagakan alat tempur, satuan intelijen dan satuan pasukan khusus untuk mengantisipasi ancaman yang disampaikan Australia.

Lalu, sejauh manakah peta kekuatan militer antara Indonesia dan Australia.

Adalah Silmy Karim Direktur Utama (Dirut) Pindad secara gamblang menjelaskan peta kekuatan militer antara Australia dan Indonesia.

Melalui akun twitternya @silmykarim menjelaskan, bahwa Australia adalah negara tetangga yang perlu mendapat perhatian serius. Sebab Australia termasuk negara dengan teknologi militer tinggi dan mempunyai industri pertahanan yang bagus.

"Dengan jumlah penduduk hanya 22 juta, Australia punya tentara aktif sejumlah 56.200 personel," kata Silmy seperti dikutip merahputih.com belum lama ini.

Menantu Soegeng Sarjadi melanjutkan jumlah personel Angkatan Darat 28.600 personel, Angkatan Laut 13.550 dan Angkatan Udara 14.050 personel.

"Personel cadangan Australia berjumlah 28.550, terdiri atas 16.200 AD, 8.200 AL dan 4.150 AU," sambung anggota Dewan Analis Strategis (DAS) Badan Intelijen Negera (BIN). (Baca: Menhan: Jika Terjadi Perang, Indonesia Hanya Bisa Bertahan 3 Hari)

Untuk kekuatan alat utama sistem persenjataan sendiri Angkatan Darat Australia mempunyai 59 tank berat M1A1 Abrams, 257 AIFV Jenis ASLAV-25 berbagai varian dan 1.431 kendaraan angkut tempur seperti Bushmaster.

Angkatan Laut Australia sendiri diperkuat dengan enam kapal selam kelas Collins, 12 Frigate serta 14 kapal Patroli dan penjaga pantai. Kemudian untuk Angkatan Udara Australia mengandalkan 142 pesawat tempur seperti F/A-18A Hornet, F/A-18F Super Hornet.

Lalu bagaimanakah dengan peta kekuatan militer Indonesia? Dibandingkan dengan Australia jumlah personel Tentara Nasional Indonesia (TNI) lebih banyak.

Berdasarkan data tahun 2013-2014, jumlah personel TNI sebanyak 438.410. Jumlah tersebut merupakan gabungan dari tiga matra Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara.

Ditinjau dari kelengkapan alutsista pertahanan darat Indonesia didukung oleh 400 tank, 506 kendaraan lapis baja, 647 artileri, 62 pelontar dan 50 roket. Adapun pertahanan laut Indonesia disokong dengan 150 jumlah armada, 6 kapal perang, 2 kapal selam, 70 kapal patroli, 12 kapal pemburu ranjau dan 23 kapal perang kecil.

"Adapun pertahanan udara Indonesia, pesawat udara 444, helikopter 187," tandas Silmy. (bhd)

Tags Artikel ini

Related artikel

Tranding Tags

Yuk ngobrol dengan kami