Penjaga Makam Ratu Galuh Pakuan di Kebun Raya Bogor Alami Hal Mistis

Eddy FloEddy Flo - Kamis, 03 Maret 2016
  Penjaga Makam Ratu Galuh Pakuan di Kebun Raya Bogor Alami Hal Mistis
Makam Ratu Galuh Pakuan kerap menghadirkan kejadian mistik (Foto: MP/Noer Ardiansyah)

MerahPutih Budaya - Menjadi penjaga makam keramat selama puluhan tahun, sudah pasti banyak menemui hal-hal gaib yang tidak dapat dirasakan oleh orang lain. Seperti kisah misteri yang dialami oleh Abdul Rohman, penjaga Situs Makam Ratu Galuh Pakuan di Kebun Raya Bogor.

Berdasarkan pengakuannya kepada merahputih.com saat menyambangi lokasi tersebut, Abdul Rohman menceritakan beberapa pengalamannya selama menjadi juru kunci Makam Ratu Galuh Pakuan Prabu Siliwangi.

Pada kesempatan itu, ia mengatakan bahwa dirinya pernah didatangi oleh sesosok yang diduga merupakan Ratu Galuh. Dalam mimpinya, sang leluhur memberikan beberapa petuah yang harus dilakukan oleh Abdul Rohman.

Abdul Rohman sering mengalami kejadian mistis di makam Ratu Galuh Pakuan (Foto: MP/Noer Ardiansyah)

"Di dalam mimpi, saya diberikan beberapa petuah yang harus saya lakukan. Situs ini jangan sampai terputus. Selain itu, ia juga mengatakan kepada saya bahwa di sini ada 'jalan' menuju ke Istana Bogor," kata Abdul Rohman di Makam Ratu Galuh Pakuan, Kebun Raya Bogor, Kamis (3/3).

Terkait 'jalan' itu, tambahnya, sering digunakan oleh Ir. Soekarno ketika ingin merenung di makam ini. "Eyang Soekarno tahu 'jalan' itu, dan selalu bertemu dengan abah saya," tambahnya.

Meski demikian, Abdul Rohman juga mengatakan selama menjaga makam, dirinya belum pernah sekali pun ditampakkan secara nyata selain dari mimpi atau gaib. Berbeda dengan pengakuan beberapa peziarah kepadanya yang mengaku pernah melihat wujud daripada Ratu Galuh.

Makam Ratu Galuh Pakuan di komplek Kebun Raya Bogor (Foto: MP/Noer Ardiansyah)

"Saya belum pernah bertemu dengan yang ada di sini. Namun, kalau secara gaib atau dari mimpi, banyak sekali. Dari peziarah, juga banyak yang mengaku kepada saya bahwa setelah zikir dimunculkan sosok ibu ratu. Saya pun oleh Eyang Ratu Galuh disuruh untuk rajin berzikir dan shalawat," tutupnya.(ard)

BACA JUGA:

  1. Kisah Penjaga Makam Keramat Puluhan Tahun di Kebun Raya Bogor
  2. Ini Acara Seni Terdekat di Padepokan Seni Bagong Kussudiardja
  3. Padepokan Seni Bagong Kumpulkan Seniman Se-Indonesia melalui Talirasa Nusantara
  4. Padepokan Seni Bagong Kussudiardja Kembali Adakan Beasiswa Seniman
  5. Taman Ismail Marzuki Dulu Kebun Binatang Kini Padepokan Seniman
#Kebun Raya Bogor #Kota Bogor #Kisah Misteri #Makam Ratu Galuh Pakuan #Penjaga Makam Keramat
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan