Panser Anoa Mejeng di Kampus UI

Bahaudin MarcopoloBahaudin Marcopolo - Kamis, 27 Agustus 2015
Panser Anoa Mejeng di Kampus UI
Panser Anoa, kendaraan tempur buatan PT Pindad yang dipamerkan Kodam Jaya di pameran Alutsista di beberapa kampus di Jakarta. (Foto: MerahPutih/Bahaudin Marcopolo)

MerahPutih Otonews - Panser Anoa buatan PT Pindad adalah salah satu kendaraan tempur yang dipamerkan Kodam Jaya dalam pameran alat utama sistem persenjataan (Alutsista). Kodam Jaya menggelar pameran alutsista di beberapa kampus di Jakarta, Tangerang dan Depok. Pangdam Jaya Mayjen TNI Agus Sutomo secara resmi membuka pameran alutsista tersebut.

"Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan road to campus Kodam Jaya untuk mengenalkan Alutsista TNI AD kepada masyarakat luas," katanya saat membuka pameran Alutsista di kampus UI, Depok, Jawa Barat baru-baru ini.

Pemeran yang berlangsung selama dua hari (26-27 Agustus 2015) disambut antusias. Bukan hanya mahasiswa di kampus UI sejumlah warga sekitar Depok, UI juga menyambangi pameran tersebut.

Suyatna (36) mengaku senang bisa melihat pameran alutsista yang diadakan Kodam Jaya. Bersama dengan istri dan anaknya ia mencoba menaiki beberapa kendaraan tempur TNI yang dipamerkan, salah satunya panser Anoa.

"Seneng banget. Saya bisa ajak anak sekaligus bisa foto-foto," katanya saat dijumpai Merahputih.com di kampus UI Depok, Jawa Barat, Kamis (27/8).

Berdasarkan data litbang Merahputih.com panser anok memiliki panjang 6 meter, lebar 2,5 meter kemudian tinggi 2,17 meter. Adapun berat tempur 15 ton dan berat kosong12 ton.

Panser tersebut digunakan oleh Batalyon Infanteri Mekanis (Yonif Mek) 201. Panser Anoa diawaki oleh 3 orang personel TNI. Panser Anoa memiliki kecepatan maksimal 80 Km per jam dan memiliki daya jelajah 450 Km.

Nama Anoa sendiri diambil dari nama satwa endemik Sulawersi Tengah. Panser Anoa termasuk kategoti panser Angkut Personel Sedang (APS). Kendaraan lapis baja buatan PT Pindad bukan hanya dipakai militer Indonesia saja melainkan juga digunakan banyak militer di berbaga negara di dunia.

Sebut saja Malaysia, Brunei Darussalam dan beberapa negara di Timur Tengah. Panser Anoa juga pernah dikirim untuk mengawal misi perdamaian Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) di Lebanon pada tahun 2010 silam. Sebanyak 13 panser Anoa dikirim dalam misi perdamaian tersebut. (bhd)

BACA JUGA:  

8 Kendaraan Tempur TNI Dipamerkan di IIMS 

Tank Scorpion, Saksi Bisu Operasi Militer TNI di Aceh 

Kodam Jaya Gelar Pameran Alutsista 

Indro Warkop Kritisi Alutsista RI

 

#Alutsista #Tank Scorpion #Panser Anoa #Kodam Jaya
Bagikan
Bagikan