Pak Raden, Pencipta Tokoh Si Unyil Tutup Usia

Luhung SaptoLuhung Sapto - Jumat, 30 Oktober 2015
Pak Raden, Pencipta Tokoh Si Unyil Tutup Usia
Pak Raden alias Drs Suyadi (Facebook dongengpakraden)

MerahPutih Peristiwa - Tokoh yang akrab dengan dunia anak-anak Pak Raden alias Suyadi tutup usia di usia 82 tahun pada Jumat (30/10). Informasi meninggalnya Pak Raden menyebar melalui Facebook yang diunggah oleh asistennya, Prasodjo Chusnato Sukiman.  

Inna Lillahi wa inna ilaihi raji'un telah wafat kakek kami tercinta, guru bangsa, legenda dongeng Indonesia, maestro sketsa Indonesia Drs Suyadi (Pak Raden), pada hari jumat malam jam 22.20 WIB. Mohon dibukakan pintu maaf yang sebesar besarnya, segala salah, khilaf dan kekurangan. Semoga yang pergi diberikan tempat yang indah, dimasukan ke dalam barisan orang yang beriman, diterima segala amal ibadahnya, menjadikan segala karyanya cahaya yang menerangkan. Aamin ya robbal alamin  

Drs Suyadi sudah lama sakit-sakitan. Ia sempat dirawat di RS Pelni. Saat tampil menerima penghargaan di acara Silet Award 2015 pada Senin (26/10) ia duduk di kursi roda. Tokoh yang kerap tampil dengan blangkon, beskap, dan kumis hitam ini jatuh sakit empat hari sesudah menerima hadiah rumah dalam charity award di acara yang ditayangkan di RCTI itu. 

Pak Raden atau Suyadi lahir di Puger, Jember, Jawa Timur 28 November 1932. Dia dikenal sebagai pencipta boneka Si Unyil yang digemari anak-anak tahun 80-an yang ditayangkan di TVRI.

Suyadi merupakan lulusan seni rupa Institut Teknologi Bandung (1952-1960) lalu meneruskan belajar animasi ke Prancis (1961-1963).

BACA JUGA:

  1. Kasus Patrice Rio Capella Sudah P21
  2. Demo Hingga Malam di Istana, Tiga Buruh Ditahan
  3. Disuruh Bubar, Para Buruh Terlihat Santai
  4. Massa Buruh Masih Bertahan di Istana Negara
  5. Demo Buruh Tolak PP tentang Pengupahan
#Pak Raden Wafat #Artis Meninggal #Si Unyil #Suyadi #Pak Raden
Bagikan
Ditulis Oleh

Luhung Sapto

Penggemar Jones, Penjelajah, suka makan dan antimasak
Bagikan