NASA Temukan Bahan yang Bisa Sembuhkan Diri Sendiri

Fadhli Fadhli - Sabtu, 29 Agustus 2015
NASA Temukan Bahan yang Bisa Sembuhkan Diri Sendiri
Lapisan polimer gel yang dapat menyembuhkan dirinya sendiri. (Foto: YouTube)

MerahPutih Sains - Sebuah penelitian yang didanai NASA telah menemukan sebuah bahan yang bisa menyembuhkan dirinya sendiri. Kemampuan menyembuhkannya sama dengan beton yang dapat menyembuhkan dirinya sendiri, namun penyembuhannya lebih cepat.

Bahan yang mereka temukan ini mampu menutup kembali kerusakan hanya dalam beberapa detik. Bahan yang mereka temukan terdiri dari dua lapisan polimer gel. Ketika terjadi kerusakan, gel polimer di dalam lapisan akan keluar dan mengeras ketika terkena udara.

Metode ini berbeda dibanding beton yang menyembuhkan diri sendiri. Beton itu menggunakan senyawa cairan dan bakteri untuk dapat memulihkan dirinya, tapi cara itu membutuhkan proses penyembuhan yang lama.

Menurut Penemuan baru ini nantinya akan diaplikasikan pada tubuh stasiun luar angkasa internasional (ISS). Tentunya akan menjadi elemen penting bagi perlindungan ISS terhadap puing-puing berbahaya di ruang angkasa.

Selain dapat menjadi kekutan tambahan bagi perisai ISS, bahan baru ini tentu juga dapat digunakna untuk kepentingan komersial, seperti menjadi bahan pembuatan tubuh mobil, pipa, dan lainnya.

 

Baca juga:

Astronot Jepang Terpesona dengan Indonesia dari Luar Angkasa

Planet Ceres Berikan Misteri Baru

Universitas London Mampu Buat Penis Buatan

Ilmuwan Kembangkan Formulasi untuk Beberapa Strain Flu

Peneliti Temukan Mekanisme Untuk Kekang Sel Kanker

#NASA
Bagikan
Ditulis Oleh

Fadhli

Berkibarlah bendera negerku, tunjukanlah pada dunia.
Bagikan